Home > Ragam Berita > Nasional > Begitu Keluar Red Notice, Kemenlu Akan Bantu Cari Rizieq

Begitu Keluar Red Notice, Kemenlu Akan Bantu Cari Rizieq

Jakarta – Pihak Kementerian Luar Negeri bersedia membantu kepolisian mencari pemimpin FPI Rizieq Shihab. Namun sebelumnya, polisi harus mengeluarkan red notice terlebih dahulu sebagai ‘tanda’ bahwa Rizieq merupakan buronan internasional.

Begitu Keluar Red Notice, Kemenlu Akan Bantu Cari Rizieq

Menurut Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir, pihaknya pasti akan membantu bila ada permintaan dari polisi.

“Kalau umpama nanti ada permintaan dari penegak hukum ya akan kita tindaklanjuti,” kata Fachir di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada (FISIP UGM) Sleman, Yogyakarta, pada Rabu (17/5/2017).

Kemenlu sampai saat ini hanya sebatas memantau keberadaan Rizieq sambil menunggu diterbitkan red notice dari Kepolisian RI.

Bila nantinya red notice sudah dikeluarkan, maka Kemelu akan bisa langsung mengkomunikasikannya dengan negara-negara yang tergabung dengan Interpol.

“Red notice ini kan sifatnya internasional, kerjasama internasional,” ungkapnya.

“Semua polisi yang menjadi anggota Interpol (polisi internasional) harus menindaklanjuti red notice jika sudah diterbitkan,” tambahnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan bahwa polisi masih memproses red notice yang akan dipakai sebagai sarana untuk membawa pulang kembali Rizieq.

“Belum (keluar red notice) ya. Semua berproses. Nanti kita bertahap,” kata Argo Yuwono, Rabu (17/5/2017).
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Upaya Banding Perkara Ahok Tak Kunjung Dicabut Oleh Pihak Kejaksaan Agung

Upaya Banding Perkara Ahok Tak Kunjung Dicabut Oleh Pihak Kejaksaan Agung

Jakarta – Baru-baru ini, diketahui bahwa pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) masih enggan mencabut upaya banding ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis