Home > Ragam Berita > Nasional > Rizieq Bawa Isu Kriminalisasi Ulama ke PBB, Ini Komentar Kemenlu

Rizieq Bawa Isu Kriminalisasi Ulama ke PBB, Ini Komentar Kemenlu

Jakarta – Kementerian Luar Negeri tidak banyak berkomentar terkait tindakan petinggi Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Syihab, yang berencana untuk membawa isu kriminalisasi ulama ke dunia internasional lewat Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Upaya itu diungkapkan oleh Ketua Tim Advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) Kapitra Ampera, yang juga merupakan kuasa hukum dari Rizieq.

RizieqBawa Isu Kriminalisasi Ulama ke PBB, Ini Komentar Kemenlu

Habib Rizieq

“Isu (di PBB) itu kan ada mekanisme sendiri, dari segi substansi dan prosedural ada caranya sendiri. Kami tidak tahu apa yang dimaksud oleh yang bersangkutan sehingga tak bisa berkomentar secara detail tentang ini,” ujar juru bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir, di gedung Kemlu, Pejambon, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Arrmanatha menambahkan, sengketa yang bisa diajukan ke ranah PBB ataupun Mahkamah Pidana Internasional (ICC) hanya yang terkait dengan konteks antarnegara. “Hanya negara yang bisa angkat isu ini di tingkat seperti itu.”

Dirinya juga menekankan bahwa kedutaan besar RI di luar negeri tak memiliki wewenang atas tindakan warga negara Indonesia secara khusus. Data jumlah WNI dihitung melalui laporan keluar-masuknya WNI di negara yang bersangkut.

Baca juga: Pengadilan Tinggi Akan Menerima Permohonan Penangguhan Penahanan Ahok

“Dalam hal ini, apabila ada permintaan (memantau WNI) dari institusi di Indonesia, baru akan kita lakukan,” pungkas Arrmanatha. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

FPI Desak Polisi Untuk Tindak Tegas Para Pelaku Hubungan Sesama Jenis

FPI Desak Polisi Untuk Tindak Tegas Para Pelaku Hubungan Sesama Jenis

Jakarta – Pihak kepolisian Polres Metro Jakarta Utara, baru saja menggerebek pesta seks gay yang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis