Home > Gaya Hidup > Hati-Hati, Ini Akibatnya Bila Terlalu Sering Begadang

Hati-Hati, Ini Akibatnya Bila Terlalu Sering Begadang

Jakarta – Bagi mereka yang tinggal di perkotaan, gaya hidup dan tuntutan pekerjaan tidak jarang membuat seseorang harus begadang hingga larut malam, bahkan menjelang pagi.

Hati-Hati, Ini Akibatnya Bila Terlalu Sering Begadang

Hal ini bisa disebabkan karena memang ia harus bekerja pada malam hari, atau karena kebutuhan sosial untuk bertemu dengan teman atau komunitasnya hingga larut malam.

Tanpa disadari gaya hidup begadang sudah menjadi rutinitas sehari-hari di masyarakat perkotaan, bahkan beberapa di antara mereka justru tidak dapat beristirahat bila hari masih ‘sore’.

Pola hidup seperti ini tentu saja berdampak kurang baik baigi kesehatan. Selain tidak baik bagi kesehatan otak, kebiasaan begadang juga menimbulkan beberapa efek negatif.

1. Obesitas
Tidur kurang dari enam jam sehari membuat metabolisme tubuh terganggu sehingga tubuh akan lebih cepat meyimpan lemak. Selain itu, begadang juga memancing seseorang untuk mencari makanan ringan di malam hari.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Lemah
Sering begadang bisa menghancurkan sel darah putih yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, imunitas tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

3. Jam Biologis Tubuh Terganggu
Mereka akan lebih sulit untuk tidur lebih awal karena sudah terbiasa begadang.

4. Rentan Penyakit Jantung
Kebiasaan begadang juga membuat seseorang rentan terkena penyakit jantung yang dipicu karena kurang tidur.

5. Diabetes
Tidur larut malam akan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Ini bisa memicu intoleransi glukosa yang berkaitan dengan produksi insulin dalam tubuh.

6. Stroke
Kurang istirahat bisa memberikan tekanan pada jantung dan berujung pada stroke atau serangan jantung.

7. Tekanan Darah Tinggi
Orang yang kurang tidur biasanya memiliki tingkat stres yang tinggi. Hal ini karena fisik dan pikiran mereka tak mendapat cukup waktu untuk beristirahat. Akibatnya, stres yang berkepanjangan cenderung memicu tekanan darah tinggi.

8. Sakit Kepala
Sedikit demi sedikit bagian sel otak akan mengalami masalah karena tidak cukup istirahat.

9. Melemahkan Sistem Saraf
Kebiasaan begadang mempengaruhi sistem saraf pusat yang nantinya akan berpengaruh kepada lemahnya sistem saraf dan refleks.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Tidur Berlebihan Saat Puasa Memiliki Dampak Negatif Bagi Tubuh

Tidur Berlebihan Saat Puasa Memiliki Dampak Negatif Bagi Tubuh

Jakarta – Bulan suci Ramadhan adalah saat yang dinanti-nanti oleh kaum muslim, karena di bulan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis