Jakarta – PT MRT Jakarta menyampaikan hasil penyelidikan internal mereka terhadap insiden lolosnya tiga orang bocah ke dalam proyek MRT dan berfoto selfie di sana.

Tiga Bocah Lolos Berfoto Selfie di Proyek, PT MRT Tegur Keras Kontraktor

Menurut pihak PT MRT, ada pekerja yang memberikan ijin kepada ketiganya untuk masuk ke dalam lokasi proyek dan mengambil foto di sana. Petugas tersebut kini telah dibebastugaskan akibat kecerobohannya.

“Ditemukan pekerja SOWJ JV (Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Konstruksi Joint Venture) yang telah memberikan akses kepada masyarakat untuk berfoto di dalam site. Telah dilakukan tindakan sanksi kepada pekerja tersebut. Sampai dengan keterangan ini dibuat, yang bersangkutan telah dibebastugaskan,” ujar Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah dalam keterangannya, Kamis (18/5/2017).

Selan itu, PT MRT juga memberikan teguran keras kepada kontraktor yang bertanggungjawab dengan memberikan sanksi pengurangan poin.

“PT MRT Jakarta telah memberikan teguran keras dan sanksi kepada kontraktor SOWJ JV yang bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran tersebut. Sanksi diberikan adalah berupa pemberian Demerit Point atau pengurangan poin pada aspek Health and Safety Environment (HSE). Pengurangan poin ini akan masuk ke penilaian kerja kontraktor dan nantinya dapat mempengaruhi peluang kontraktor tersebut berpartisipasi dalam proyek-proyek MRT Jakarta di masa depan,” jelas Tubagus.

Akibat dari kejadian ini, seluruh kontraktor kemudian dikumpulkan untuk diberikan pengarahan kembali terkait keamanan proyek ini yang harus dijaga dengan standar tinggi.

“Dengan melakukan hal antara lain: menambah jumlah personel keamanan, menambah CCTV di semua area proyek serta mengurangi akses masuk ke dalam area proyek untuk meningkatkan pengawasan sehingga kejadian serupa tidak terjadi kembali di seluruh area proyek MRT Jakarta,” kata Tubagus.

Seperti diketahui, akun Instagram @erlanggacitro milik Erlangga Citro Kusumo mengunggah sebuah foto pada Jumat (12/2017) lalu yang memperlihatkan dirinya dan kedua orang kawannya berfoto selfie di lokasi proyek MRT di kawasan seputaran Jalan Jenderal Sudirman. Mereka berswafoto tanpa ada pengawalan dari petugas MRT.
(samsul arifin – www.harianindo.com)