Home > Unik > Yang Merasa Cerdas, Coba Jawab Teka-teki Ini

Yang Merasa Cerdas, Coba Jawab Teka-teki Ini

Singapura – Pada Olimpiade Matematika remaja yang diadakan di Singapura, soal berikut ini menjadi salah satu pertanyaan. Apakah Anda bisa menjawabnya?

Yang Merasa Cerdas, Coba Jawab Teka-teki Ini

Teka-Teki

Berikut ulasan jawabannya seperti dilansir dari planet.merdeka.com, Jumat (19/5/2017).

Yang Merasa Cerdas, Coba Jawab Teka-teki Ini

Sejauh ini, yang kita tangkap dari soal di atas adalah: Adi tahu bulan berapa Cindil berulang tahun, sementara Bejo tahu tanggalnya doang.

Waktu Cindil membocorkan nama bulannya ke telinga Adi, Adi langsung yakin kalau Bejo pasti juga gak tahu jawab yang benar yang mana. Itu artinya, jawaban yang paling benar bukanlah angka yang cuma muncul sekali di antara 10 pilihan di soal. Kalau emang benar tanggalnya 18 atau 19, Bejo pasti langsung tahu birthday-nya Cindil, karena angka 18 dan 19 cuma muncul sekali yakni, 18 Juni dan 19 Mei.

Yang Merasa Cerdas, Coba Jawab Teka-teki Ini

Jadi, gimana bisa Adi, yang cuma tahu nama bulannya doang, bisa yakin banget kalau Bejo gak bakal bisa ngasih jawaban yang benar?

Karena dia tahu, Cindil gak lahir di bulan Mei maupun Juli.

Jadi, kita coret semua jawaban yang mengandung nama bulan Mei dan Juni.

Sekarang, giliran Bejo. Dia bilang pada awalnya dia gak tahu, tapi sekarang dia sudah tahu. Kenapa dia tiba-tiba bisa tahu? Dapat wasiat? Bukan. Karena dia mengikuti logika yang dipakai Adi, dan dicoretnya bulan Mei dan Juni memberinya sedikit petunjuk.

Karena Bejo sudah tahu jawabannya, langkah kita selanjutnya adalah mencoret tanggal lahir yang berisi angka 14. Karena angka tersebut muncul dua kali di bulan yang terpisah. Gak mungkin kan Cindil lahirnya dicicil separo-separo?

Sekarang coba kita coret 14 Juli.

Yang Merasa Cerdas, Coba Jawab Teka-teki Ini

Nah, gara-gara Bejo udah tahu jawabannya, tiba-tiba Adi juga punya jawabannya. Ya iyalah, dia kan udah tahu bulannya apa. Jadi dia tinggal meneruskan cara pikir Bejo di atas. Dan Adi (sama kayak kita) tahu kalau jawabannya salah satu dari tiga pilihan tersisa.

Kalau pun Cindil lahir bulan Agustus, Adi pasti masih bingung karena ada dua tanggal di bulan Agustus. Tapi, karena Adi sendiri bilang “Kalau begitu aku juga tahu kapan Cindil ultah!” itu artinya dia sudah tahu tanggal dan bulannya. Dan jawaban yang tersisa adalah…

Cindil ulang tahun di tanggal 16 Juli! Bagaimana pendapat Anda? (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Cabai Terpedas di Dunia, Anda Bisa Mati Karenanya

Inilah Cabai Terpedas di Dunia, Anda Bisa Mati Karenanya

London – Seorang petani dari Inggris mengklaim jika dirinya menanam cabe yang sangat pedas. Bahkan, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis