Home > Teknologi > Gadget > Hasil Survei: Instagram Dinilai Tidak Bagus Bagi Kesehatan Mental Remaja

Hasil Survei: Instagram Dinilai Tidak Bagus Bagi Kesehatan Mental Remaja

Jakarta – Menurut studi jajak pendapat yang dilakukan oleh Royal Society for Public Health di Inggris dan telah dimuat oleh BBC mengungkapkan bahwa Instagram merupakan aplikasi media sosial yang terburuk bagi kesehatan mental remaja.

Hasil Survei: Instagram Dinilai Tidak Bagus Bagi Kesehatan Mental Remaja

Survei yang dilakukan kepada 1.479 responden yang berumur 14-24 tahun ini bertujuan untuk memberikan nilai kepada beberapa aplikasi populer terhadap isu-isu seperti kecemasan, depresi, kesepian, intimidasi dan citra tubuh.

Para responden diminta menjawab pertanyaan apakah aplikasi YouTube, Instagram, Snapchat, Facebook, atau Twitter memiliki dampak pada kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Ada 14 masalah kesehatan dan kesejahteraan yang kemudian dinilaikan pada setiap platform tersebut.

Hasilnya, YouTube menempati peringkat teratas dan dianggap paling positif terhadap kesehatan mental. Diikuti kemudian oleh Twitter, dan Facebook.

Sedangkan Snapchat dan Instagram memiliki skor terendah secara keseluruhan.

“Menarik untuk melihat peringkat Instagram dan Snapchat sebagai hal terburuk untuk kesehatan mental dan kesejahteraan, kedua platform sangat terfokus pada gambar dan tampaknya mereka mungkin membuat perasaan tidak mampu dan tidak masuk akal. Kecemasan pada orang muda,” kata Shirley Cramer, chief executive Royal Society for Public Health.

Dari hasil surveri tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa media sosial mempunyai pengaruh signifikan terhadap kesehatan mental remaja.

Namun demikian, media sosial seperti Instagram dapat dijadikan sarana bagi remaja untuk mengekspresikan diri dan identitas mereka.
(samsul arifin – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mahasiswa UGM Luncurkan Aplikasi Kesehatan Ibu dan Anak

Mahasiswa UGM Luncurkan Aplikasi Kesehatan Ibu dan Anak

Jakarta – Ada lima orang mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sukses menciptakan sebuah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis