Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Pengakuan Yusril Usai Ditunjuk Sebagai Kuasa Hukum HTI

Inilah Pengakuan Yusril Usai Ditunjuk Sebagai Kuasa Hukum HTI

Jakarta – Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dikabarkan bakal didampingi oleh Yusril Ihza Mahendra. Hal tersebut terkait dengan rencana pemerintah yang ingin membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) tersebut. Yusril menilai bahwa HTI hingga saat ini resmi berbadan hukum dan telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Inilah Pengakuan Yusril Usai Ditunjuk Sebagai Kuasa Hukum HTI

Yusril Ihza Mahendra

“Kami ditunjuk pimpinan HTI untuk upaya pembelaan hukum yang beberapa waktu lalu diumumkan simpang siur kalau HTI itu dibubarkan,” kata Yusril dalam keterangannya di depan wartawan, Selasa (23/5/2017).

“Kalau HTI sudah terdaftar, tidak lagi perlu adanya pengawasan-pengawasan. Kalau ada pelanggaran ya diambil langkah hukum persuasif,” kata dia.

Menurut Yusril, hingga saat ini pemerintah belum menempuh langkah hukum terkait dengan pembubaran HTI. Begitu pula dengan langkah administratif, menurut Yusril, pemerintah belum menjalankan proses-proses yang harus dilalui untuk membubarkan suatu ormas tertentu.

“Kalau ada yang salah, langkah persuasif juga tidak pernah dilakukan,” kata Yusril.

“Begitu pula perigatan tiga kali secara tertulis tidak pernah. Dan juga tidak ada surat pelarangan untuk tidak melakukan kegiatan,” beber Yusril.

Ia menjelaskan bahwa butuh waktu sampai 5 tahunan dalam membubarkan sebuah ormas. Selama itu pula HTI diberikan kesempatan membela diri dengan bukti-bukti, saksi, hingga ketuk palu hakim. Yusril mengibaratkan pembubaran HTI seperti langkah pemerintah era Sukarno dalam membubarkan Partai Sosialis Indonesia (PSI) dan Masyumi.

Baca Juga : Veronica Tan Tak Mampu Menahan Tangis Saat Membacakan Surat Dari Ahok

“Jangan hal-hal seperti itu terjadi lagi,” kata dia.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Komentar Djarot Terkait dengan Pemindahan Ibu Kota RI

Inilah Komentar Djarot Terkait dengan Pemindahan Ibu Kota RI

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berharap rencana pemindahan ibu kota RI dikaji ...