Home > Ragam Berita > Nasional > Wiranto: Pelaku Bom Kampung Melayu Berupaya Tunjukkan Eksistensi Kelompok

Wiranto: Pelaku Bom Kampung Melayu Berupaya Tunjukkan Eksistensi Kelompok

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mengungkap kesamaan karakteristik teror bom di Terminal Kampung Melayu dan Manchester Arena. Yakni, berupaya menunjukkan eksistensi kelompok yang berbeda haluan dengan pemerintah.

Wiranto: Pelaku Bom Kampung Melayu Berupaya Tunjukkan Eksistensi Kelompok

Wiranto

“Yang perlu diketahui publik, ada kesamaan karakter dari setiap aksi terorisme di belahan dunia mana pun, termasuk di Kampung Melayu, dan Manchester, Inggris. Itu karakternya sama. Di mana mereka ingin menunjukkan eksistensinya, bahwa ada gerakan yang menyasar satu tujuan membangun peradaban baru, ideologi baru di atas negara, berupa super state, di atas negara-bangsa,” ujar Wiranto di Jakarta pada Jumat (26/5/2017).

Selain itu, Wiranto menyampaikan, pemerintah berkesimpulan kedua aksi dilaksanakan saat perhatian masyarakat tengah lengah. Aksi bom di Manchester dilaksanakan usai masyarakat selesai menyaksikan konser penyanyi Ariana Grande. Sementara aksi bom di Kampung Melayu dilaksanakan usai masyarakat selesai beraktivitas kerja.

“(Aksi teror ingin) Menimbulkan korban sebesar-besarnya terhadap manusia, maupun terhadap harta-benda atau materiil. Dan selalu dia melakukan aksi saat kita lengah. Itu kesamaan dari aksi-aksi itu,” ujar Wiranto.

Wiranto menegaskan bahwa pemerintah saat ini memburu otak di balik aksi. Alasannya, Wiranto mengatakan, meski ada dua jasad yang dicurigai sebagai pelaku aksi di Tempat Kejadian Perkara (TKP), pemerintah meyakini aksi didalangi kelompok tertentu.

“Kesimpulan kita, ini bukan ‘lone wolf’. Bukan aksi perorangan, tapi merupakan satu jaringan yang sudah terorganisir, dan akan kita kejar,” ujar Wiranto. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua RW Ini Merasa Aneh Sandiaga Pidato Sambil Teriakkan Takbir Berulang Kali

Ketua RW Ini Merasa Aneh Sandiaga Pidato Sambil Teriakkan Takbir Berulang Kali

Jakarta – Pertemuan antara para pengurus RT/RW, LMK, FKDM dan Dewan Kota se-Jakarta Barat dengan ...