Home > Ragam Berita > Nasional > Polri Ungkapkan Pelaku Bom Kampung Melayu Merupkan Kelompok ISIS

Polri Ungkapkan Pelaku Bom Kampung Melayu Merupkan Kelompok ISIS

Jakarta – Polri masih menyelidiki jaringan pelaku bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur. Sejauh ini, polisi belum bisa memastikan dua terduga pelaku merupakan jaringan kelompok teroris Jamaah Anshar Daulah (JAD) atau bukan.

Polri Ungkapkan Pelaku Bom Kampung Melayu Merupkan Kelompok ISIS

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Martinus Sitompul menekankan ada dugaan pelaku bom Kampung Melayu masih terkait dengan jaringan teroris ISIS.

“Dari pola serangan, kemudian dari konten atau komponen-komponen bahan peledak. Ini bisa mengindikasikan bahwa mereka adalah dari kelompok ISIS,” ujar Martinus di Jakarta pada Jumat (26/5/2017).

Dia mengacu klaim kelompok ISIS yang menyatakan bertanggungjawab terhadap aksi teror di Kampung Melayu yang menewaskan lima orang tersebut. Ia menyebut bahwa dua terduga pelaku bom bunuh diri merupakan bagian sel baru dari kelompok ISIS.

“Kelompok teror ini memiliki jaringan kemudian memiliki sel-sel. Sel-sel itu sendiri juga memiliki apa yang kita katakan sebagai lone wolf mereka yang bergerak sendiri,” jelasnya.

Baca juga: MUI Tegaskan Seluruh Elemen Masyarakat Tidak Boleh Lakukan Sweeping Selama Ramadan

Kemudian, dia membandingkan teror yang sama dengan menggunakan bom panci sebelumnya di Bandung. Modus sasaran dan jenis bomnya juga hampir sama. Diduga kelompok teror bom Kampung Melayu merupakan jaringan yang ada di Indonesia.

“Sehingga kita itu dengan mudah memahami bahwa ini adalah karakter ISIS yang ada di Indonesia,” lanjut mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Tak Melarang Pungutan RT/RW Ke Warga

Sandiaga Uno Tak Melarang Pungutan RT/RW Ke Warga

Jakarta – Media sosial dikejutkan dengan beredarnya surat pungutan sebesar Rp 100.000 per rumah di ...