Home > Ragam Berita > Nasional > Gelar Sidang Isbat, Semua Pihak Sepakat Bulan Puasa Jatuh Pada Hari Sabtu Besok

Gelar Sidang Isbat, Semua Pihak Sepakat Bulan Puasa Jatuh Pada Hari Sabtu Besok

Jakarta – Awal Ramadan tahun ini telah dipastikan akan jatuh pada Sabtu (27/5/2017). Keputusan tersebut diumumkan setelah sebelumnya dilakukan sidang isbat di Aula Gedung Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta, pada Jumat (26/5/2017) petang.

Gelar Sidang Isbat, Semua Pihak Sepakat Bulan Puasa Jatuh Pada Hari Sabtu Besok

Ilustrasi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan bahwa seluruh organisasi Islam telah ambil bagian dalam sidang isbat kali ini. Setelah sebelumnya mendengarkan paparan anggota badan hisab rukyat, terkait informasi posisi hilal secara metode hisab.

“Metode hisab ini sifatnya hanya informasi perlu dikonfirmasi berdasarkan pengelihatan atau rukyat,” kata Lukman.

Ketika awal sidang isbat berlangsung, kata Lukman, pihaknya mendapat laporan dari empat titik pengamatan hilal, yang di titik tersebut ada beberapa petugas Kemenag. Mereka adalah petugas yang telah disumpah. Setelah mendengarkan paparan informatif tentang hisab, kemudian dilanjutkan sidang isbat, Kemenag pun akhirnya menghasilkan sebuah keputusan.

Baca Juga : Kapolda Papua Tegaskan Tidak Ada Alkitab Yang Dibakar

“Dan kami dapat laporan dari petugas yang ditugaskan, di NTT, Sulawesi Utara, Jawa Timur, dan Kepulauan Seribu, berdasarkan laporan di bawah sumpah, semuanya berhasil lihat hilal,” tegasnya.

“Dengan dua hal hisab dan rukyat, semua peserta sidang bersepakat, malam ini sudah memasuki 1 Ramadan, Sabtu 27 Mei akan menjadi awal puasa Ramadan tahun ini,” tandas Lukman.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Tegaskan Tidak Pernah Lupa Kontrak Politiknya

Anies Tegaskan Tidak Pernah Lupa Kontrak Politiknya

Jakarta – Gubernur Jakarta Anies Baswedan klaim masih ingat dengan kontrak politik yang pernah ditandatangani ...