Home > Ragam Berita > Nasional > Polisi Berhasil Identifikasi Jenis Bom Kampung Melayu

Polisi Berhasil Identifikasi Jenis Bom Kampung Melayu

Jakarta – Pelaku teror bom Kampung Melayu, Ichwan Nurul Salam dan Ahmad Syukri dalam melakukan aksi bom bunuh diri pada Rabu malam 23 Mei 2017 menggunakan bom jenis TATP (triaceton triperoxide).

Polisi Berhasil Identifikasi Jenis Bom Kampung Melayu

Bom Kampung Melayu

TATP merupakan bom kimiawi yang sangat berbahaya dan memiliki daya ledak tinggi (high explosive). Bahan peledak positif dari hasil laboratorium forensik (labfor) TATP yang merupakan ciri khas signature dari kelompok ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah-red),” ujar Kapolri Tito Karnavian pada Jumat (26/5/2017).

Tito melanjutkan bahwa serbuk TATP ini mudah dibuat karena salah satu bahan dasarnya adalah aseton yang merupakan komponen yang mudah untuk didapatkan seperti tinner cat kuku (kutex) dengan dicampur bahan kimia sehingga menjadi serbuk putih.

Namun, serbuk TATP ini sangat berbahaya karena memiliki sensivitas yang tinggi oleh karena itu serbuk TATP ini seringkali disebut ‘The Mother of Satan’.

Baca juga: Polisi Lakukan Tes DNA Terhadap Pelaku Bom Kampung Melayu

“Serbuk TATP seperti butiran gula, gampang dibuat salah satu bahan dasarnya aseton yang biasa dijumpai pada tinner, cat kuku kutex itu dicampur bahan lainnya jadi serbuk putih,” ungkapnya.

Karena sensitif, serbuk TATP ini sangat mudah meledak. “Tapi ini sangat berbahaya, biasa disebut ‘The Mother of Satan’ karena tidak stabil dan sensitif. Dengan pemicu yang cukup panas dia bisa meledak,” imbuhnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tinjau Langsung, Sandiaga Klaim Tanah Abang Bersih

Tinjau Langsung, Sandiaga Klaim Tanah Abang Bersih

Jakarta – Meninjau kawasan Pasar Tanah Abang dengan menggunakan sepeda, Sandiaga Uno mengklaim bahwa dirinya ...