Home > Ragam Berita > Nasional > Acara Forum Advokat Pengawal Pancasila Dihadiri Todung Mulya Lubis

Acara Forum Advokat Pengawal Pancasila Dihadiri Todung Mulya Lubis

Jakarta – Lebih dari 100 advokat mengadakan pertemuan guna membentuk forum Advokat Pengawal Pancasila‎. Pertemuan tersebut digelar di Hotel media, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, pada Senin, (29/5/2017). Beberapa pengacara ternama hadir dalam acara tersebut diantaranya Todung Mulya Lubis dan Juniver Girsang.

Acara Forum Advokat Pengawal Pancasila Dihadiri Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis

Juniver Girsang, seorang deklarator, menyebut bahwa ide pembentukan forum Advokat pancasila berawal dari rasa keprihatinan terhadap kondisi bangsa belakangan ini. Menurutnya ada pihak-pihak yang mencoba merubah ideologi bangsa yang berazazkan pancasila.

‎”Melihat kondisi bangsa, ada pihak pihak tertentu ‎mencoba menggangu ideologi bangsa, yaitu pancasila. Kebhinekaan ini dibuat menjadi chaos,‎” katanya kepada Tribunnews, di lokasi deklarasi.

Menurutnya para Advokat harus turut andil dalam menjaga pancasila sebagai dasar ideologi bangsa Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan sumpah profesi advokat yang menjaga empat pilar kebangsaan.

“Karena di dalam sumpah dari advokat pasal 4 ayat dua, mengamalkan dan menjaga empat pilar, ini tanggung jawab advokat karena selama ini advokat diam. Harusnya terdepan‎, bahwa NKRI harga mati,” paparnya.

Forum advokat pengawal pancasila tersebut berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Nantinya, mereka akan membantu aparat penegak hukum dalam menegakkan aturan apabila ada pihak atau golongan yang akan merubah pancasila dan mengganggu  kebhinekaan Indonesia.

Baca Juga : Eggi Sudjana Minta Jokowi Perintahkan Kapolri Hentikan Kasus Habib Rizieq

“Kita sudah punya tim kecil, yang bertugas dan sudah melakukan sharing, bertukar pikiran dengan petinggi-petinggi hukum di negeri ini. Jangan takut dan bertindak tegas terhadap kelompok-kelompok itu,” katanya.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Jakarta – Untuk para penghuni Rusun Daan Mogot, pasti tak asing dengan nama Nek Mimi. ...