Home > Ragam Berita > Nasional > Kuasa Hukum Habib Rizieq Pertanyakan Alasan Polisi Tidak Undang Saksi Ahli

Kuasa Hukum Habib Rizieq Pertanyakan Alasan Polisi Tidak Undang Saksi Ahli

Jakarta – Penasihat hukum Rizieq Shihab, Eggi Sudjana, menyatakan polisi telah bertindak gegabah dengan penetapan tersangka pada pimpinan ormas Front Pembela Islam. Padahal hingga kini pelaku penyebar konten pornografi itu belum juga diketahui keberadaannya.

Kuasa Hukum Habib Rizieq Pertanyakan Alasan Polisi Tidak Undang Saksi Ahli

Kasus ini tentu berbeda dengan apa yang dialami Buni Yani, dalam kasus penistaan agama, di mana penyebar pidato Basuki Tjahaja Purnama langsung diburu dan ditetapkan sebagai tersangka.

Kata dia, ada hal yang menarik, di mana yang namanya peristiwa hukum harusnya dimulai dari alat bukti, kemudian saksi-saksi, konteks pemeriksaan saksi, lalu undang-undang juga menyebut apakah terlapor benar melihat, mendengar, mengetahui, mengalami, ini saksi fakta namanya. Dalam hal ini Habib Rizieq tidak mengetahui, mendengar atau apa pun.

“Itu sudah dibantah sejak awal. Bagaimana dia bisa jadi tersangka kalau dia saja tidak tahu, tiba-tiba dituduh seperti ini,” kata Eggi Sudjana pada Senin (29/5/2017).

Baca juga: Terkait Masalah Reklamasi , Anies-Sandi Diminta Lakukan Pertemuan dengan Jokowi

Eggi juga menyangsikan langkah polisi dalam mengungkap kasus pecakapan bernada mesum yang melibatkan Rizieq Shihab dan Firza Husein. Sebab kasus ini baru mencuat setelah Firza Husein ditangkap pada Januari lalu dalam kasus dugaan makar pada aksi 212.

“Bagaimana pun yang pegang HP pasti penyidik. Coba lihat konteksnya dari kronologi. Pada tingkat waktu berikutnya baru ke luar ini, pakai nama anonymous,” katanya.

“Kenapa saksi ahli versi kita enggak diundang juga, peristiwa hukum macam begini kita juga mengerti. Yang pasti ini melukai umat Islam, apalagi ulama yang dibeginikan. Balas dendam saja, Ahok kalah ini,” tambahnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Otto Nilai Media Massa Bikin Posisi Setnov Jadi Bersalah

Otto Nilai Media Massa Bikin Posisi Setnov Jadi Bersalah

Kuasa Hukum Setya Novanto, Otto Hasibuan mengatakan kliennya tersebut mengaku tidak melakukan apa yang disangkakan ...