Home > Gaya Hidup > Puasa Membantu Regenerasi Sel-Sel Kekebalan Tubuh

Puasa Membantu Regenerasi Sel-Sel Kekebalan Tubuh

Jakarta – Menjalankan ibadah puasa tidak hanya bermanfaat untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, namun juga banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membantu regenerasi sel-sel imun.

Puasa Membantu Regenerasi Sel-Sel Kekebalan Tubuh

Para peneliti di University of Southern California (USC) yang hasilnya telah dituangkan ke dalam jurnal Cell Stem Cell 2014 mengungkapkan bahwa dengan berpuasa akan mendorong regenerasi sel-sel darah putih yang bertanggungjawab terhadap kekebalan tubuh. Hal ini dilakukan melalui percobaan terhadap hewan tikus.

Dengan pola diet berpuasa selama 2-4 hari dalam beberapa waktu akan memaksa sel-sel imun yang rusak untuk mati sehingga akan muncul sel-sel imun yang baru.

“Ketika Anda kelaparan, sistem tubuh akan berusaha untuk menghemat energi dan salah satu caranya adalah dengan mendaur ulang sel-sel imun yang tidak dibutuhkan terutama yang rusak,” kata salah satu peneliti, Valter Longo, seperti dikutip dari situs resmi universitas, USC News, Senin (29/5/2017).

Ketika berpuasa maka tubuh akan mencari cadangan energi dengan memhancurkan glukosa, lemak, ketone, dan sel darah putih.

“Jadi bila sistem kekebalan tubuh Anda rusak parah karena kemoterapi atau penuaan, dengan berpuasa maka sistem kekebalan dapat beregenerasi menjadi seperti baru,” pungkas Valter.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

8 Makanan yang Lebih Sehat Dikonsumi Mentah

8 Makanan yang Lebih Sehat Dikonsumi Mentah

Jakarta – Walaupun cara mengolah makanan seperti mengukus atau memanggang lebih sehat, tetapi makanan tertentu ...