Home > Ragam Berita > Nasional > Ketua DPRD DKI Pastikan Djarot Segera Dilantik Presiden

Ketua DPRD DKI Pastikan Djarot Segera Dilantik Presiden

Jakrta – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi memastikan dalam waktu dekat Djarot Saiful Hidayat akan dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta definitif, menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang telah mengundurkan diri.

Ketua DPRD DKI Pastikan Djarot Segera Dilantik Presiden

Djarot Saiful Hidayat

Menurut Prasetio Edi, keputusan untuk mengajukan atau mengusulkan Djarot menjabat kursi orang nomor satu di Jakarta akan dibacakan dalam siang istimewa paripurna DPRD DKI yang bakal digelar besok, Rabu (31/5/2017).

“Besok paripurna diserahkan ke Mendagri (Tjahjo Kumolo) Mendagri yang atur,” ujar Prasetio di Jakarta pada Selasa (30/5/2017).

Dalam rapat istimewa itu, DPRD akan mengusulkan pemberhentian Ahok dengan menggunakan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada.

Hal itu menganulir usulan sebelumnya yang meminta Ahok diberhentikan dengan Undang-undang Pemerintah Daerah. Alasannya, penggunaan UU Pilkada dianggap lebih baru, dibanding menggunakan UU Pemerintah Daerah.

Baca juga: Prasetio Edi Marsudi Nilai Tim Sinkronasi Tidak Masuk Dalam Sistem Kepemerintahan

Dalam Pasal 173 UU Pilkada menyatakan, seorang kepala daerah dapat diberhentikan atas tiga hal yakni yakni meninggal dunia, permintaan sendiri atau diberhentikan.

“DPRD Provinsi menyampaikan usulan pengesahan Wakil Gubernur menjadi Gubernur sebagaimana dimaksud kepada Presiden melalui menteri untuk disahkan sebagai gubernur,” kata Prasetio. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Jakarta – Mengaku bernama Ridwan, seorang yang berprofesi sebagai pedagang ini mengadu kepada Anies Baswedan ...