Home > Olahraga > Bola > Berpisah dengan Tuchel, Ini Alasan Dortmund

Berpisah dengan Tuchel, Ini Alasan Dortmund

Dortmund – Thomas Tuchel bisa dibilang sukses selama dua tahun melatih Borussia Dortmund. Lantas apakah yang membuat Dortmund memutuskan untuk berpisah dengan pelatihnya tersebut?

Berpisah dengan Tuchel, Ini Alasan Dortmund

Thomas Tuchel

Pihak Dortmund mengumumkan perpisahan dengan Tuchel pada Selasa (30/5/2017). Pengumuman tersebut dibuat hanya tiga hari setelah Tuchel memimpin Die Borussen mengalahkan Eintracht Frankfurt di ajang final DFB-Pokal.

Hengkangnya Tuchel dari Dortmund sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Dalam beberapa waktu terakhir, sang pelatih diisukan berselisih dengan dua petinggi klub, CEO Hans-Joachim Waztke serta Direktur Olahraga Michael Zorc.

Dalam sebuah surat terbuka yang diunggah di situs resmi Dortmund, Watzke secara tidak langsung membenarkan adanya perselisihan tersebut.

“Ada kritik dari sebagian fans karena kami berpisah dengan Tuchel. Sebagai sebuah klub kami bisa memahaminya. BVB sukses bersama Tuchel selama dua tahun, di mana kami mencapai target-target kami,” ujar Watzke.

“Namun kami, Direktur Olahraga Michael Zorc dan saya sendiri, sudah sangat lelah menghadapi staf pelatih. Mengemban tanggung jawab Anda bukan semata soal hasil. Tak ada bedanya di Dortmund dengan klub olahraga mana pun. Ini tentang nilai-nilai dasar seperti kepercayaan, respek, komunikasi, kebenaran, identitas. Ini soal loyalitas.

“Dalam situasi sekarang, kami tak melihat titik awal untuk sebuah kerja yang sukses di masa mendatang. Itulah kenapa kami memutuskan untuk tak melanjutkan kerja sama dengan staf kepelatihan ini setelah musim 2016/2017.

“Bagi saya, ini bukanlah tentang apakah Anda bisa minum bir bersama-sama, main kartu bersama, atau tidak. Jika kami menyederhanakan hal-hal ini, kami akan menjadi para pembuat keputusan yang buruk. Menurut saya, perwakilan klub dan pelatih tak harus menjadi teman dekat.

“Hubungan spesial yang Zorc dan saya miliki dengan Juergen Klopp bukanlah standar hubungan dengan Thomas Tuchel — dan tak akan jadi standar untuk pelatih Dortmund berikutnya,” pungkas Watzke.

Baca juga: Phil Jones Tegaskan Manchester United Siap Hadapi Tim Manapun

Dortmund sendiri belum mengumumkan siapa pelatih baru pengganti Tuchel. Tetapi sejumlah nama telah disebut-sebut, antara lain Lucien Favre (Nice), Julian Nagelsmann (Hoffenheim), Peter Stoger (Cologne), Niko Kovac (Eintracht Frankfurt), hingga Peter Bosz. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Hazard Ternyata Mengidolakan Drogba

Wow, Hazard Ternyata Mengidolakan Drogba

London – Eden Hazard mungkin menjadi seorang bintang Chelsea dengan caranya sendiri. Namun dia mengaku ...