Home > Ragam Berita > Nasional > KPU Terkena Imbas lantaran Belum Rampungnya RUU Pemilu

KPU Terkena Imbas lantaran Belum Rampungnya RUU Pemilu

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Jakarta Arief Budiman mengatakan, lembaganya terkena imbas dari belum rampungnya pembahasan Revisi Undang-Undang Pemilu di DPR RI.

KPU Terkena Imbas lantaran Belum Rampungnya RUU Pemilu

Hal tersebut ia katakan karena KPU harus sudah mulai mempersiapkan kebutuhan pemilu, salah satunya yaitu merancang Peraturan KPU (PKPU) untuk pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) 2019.

“Ya tentu kami makin sempit waktunya untuk mempersiapkan dan menjalankan tahapan itu (pemilu 2019),” katanya di Jakarta Pusat pada Rabu (31/5/2017).

Menurut Arief, yang menjadi persoalan adalah waktu yang semakin sempit. Sebab, ia menyebut, dengan penetapan pilpres pada April 2019 seharusnya pembahasan tahapan yang diperlukan sudah selesai.

“Jadi ini makin enggal selesai, finish-nya (April 2019) kan enggak bisa mundur. Kecuali finish-nya bisa mundur. Ini (RUU Pemilu) molor maka pemungutan suara dimundurkan lagi, ini kan enggak. Pemungutan suaranya harus April. Nah, ininya (RUU Pemilu) start-nya enggak selesai-selesai,” ujarnya.

Ketika berkesempatan rapat bersama anggota dewan, pihaknya sudah sering meminta agar pembahasan RUU Pemilu segera dituntaskan. Namun, masih ada beberapa persoalan yang membuat RUU Pemilu belum juga rampung.

“Tentu kita berharap bisa cepat diselesaikan. Karena apa, karena hari pemungutan suara sudah diselesaikan, sudah ditentukan dan sudah disepakati 2019. Kita sudah berkali-kali (meminta DPR untuk selesaikan RUU Pemilu), pokoknya kita minta satu hal saja ini segera diselesaikan,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua MUI : "Boikot Produk-Produk Amerika"

Ketua MUI : “Boikot Produk-Produk Amerika !”

Jakarta – Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Minggu (17/12/2017) hari ini, dipadati oleh ...