Home > Teknologi > Sains > Inilah Penampakan Satelit Terkecil Buatan Remaja India

Inilah Penampakan Satelit Terkecil Buatan Remaja India

New Delhi – Seorang remaja yang berasal dari India berhasil membuat sebuah satelit yang disebut sebagai yang terkecil di dunia. Rencananya satelit tersebut akan diluncurkan ke orbit oleh badan antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Juni 2017 ini.

Inilah Penampakan Satelit Terkecil Buatan Remaja India

Satelit yang diberi nama KalamSat ini akan menjadi satelit pertama buatan remaja India yang akan dikirimkan ke luar angkasa oleh NASA. Adapun nama KalamSat terinspirasi dari nama ilmuwan nuklir yang juga Presiden India kesebelas, yaitu APJ Abdul Kalam.

Sang pengembang, Rifath Sharook yang baru berumur 18 tahun, awalnya menciptakan satelit ini untuk mengikuti kompetisi ‘Cubes in Space’ yang diselenggarakan NASA. Program tersebut bertujuan untuk menampilkan teknologi anyar ke luar angkasa.

Lucunya, Sharook mengaku membuat satelit ini dari awal. Ia menuturkan satelit ini memiliki komputer on-board teranyar dengan delapan sensor asli yang ditanamkan untuk mengukur kecepatan, rotasi, dan daya magnet Bumi.

Baca juga: Dubai Kerahkan Polisi Robot Untuk Jaga Mal dan Tempat Wisata

“Tantangan utamanya adalah mendesain eksperimen yang dapat diterbangkan ke luar angkasa dan cukup dalam kubus dengan luas empat meter berbobot 64 gram,” pungkasnya seperti dilansir dari Business Standard, Selasa (23/5/2017). (Yayan – www.harianindo.com)

One comment

  1. hendro susanto

    wow.. luar biasa

x

Check Also

Awas, Tak Sampai 100 Tahun Lagi Suhu Di Negara Ini Akan Mematikan

Awas, Tak Sampai 100 Tahun Lagi Suhu Di Negara Ini Akan Mematikan

Jakarta – Perubahan suhu dan iklim kini kian mengkhawatirkan. Erdasarkan seuah studi terbaru mengungkapkan bahwa ...