Home > Ragam Berita > Nasional > Bus Kantor Boleh Digunakan PNS Untuk Mudik Lebaran

Bus Kantor Boleh Digunakan PNS Untuk Mudik Lebaran

Jakarta – Asman Abnur selaku Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menggunakan mobil dinas saat mudik Lebaran. Hal tersebut menurutnya sesuai dengan aturan khusus yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Bus Kantor Boleh Digunakan PNS Untuk Mudik Lebaran

Mobil Dinas PNS

“Jadi mobil dinas kan sudah ada aturannya. Jadi masing-masing pejabat pembina pegawai itu sudah harus berpedoman pada penggunaan mobil dinas yang sekarang masih berlaku walaupun bukan hari Lebaran,” ucapnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Meski demikian, Asman menyebut apabila untuk angkutan massal seperti bus kantor bisa digunakan oleh PNS, khususnya yang bergolongan rendah. Penggunaan bus kantor ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

“Jadi kalau ada bus kantor yang dipakai pulang oleh pegawai yang golongan rendah, menurut saya ini bisa diizinkan oleh pejabat pembina kementeriannya. Misalnya bus kantor digunakan pegawai golongan rendah dengan izin atasannya. Nanti pelaksanaan mereka, apakah ditanggung kantor atau seperti apa, ini tidak dikomersialkan,” ungkapnya.

Oleh karenanya, kelonggaran kendaraan dinas seperti bus pun bisa digunakan selama Lebaran dengan persyaratan, menggunakan angkutan massal yang bisa digunakan oleh pegawai golongan rendah, tetapi juga mendapat persetujuan dari pimpinan masing-masing instansi.

Baca juga: GP Ansor Mengecam Keras Intimidasi Anggota Ormas Ke Seorang Remaja

“Jadi pada dasarnya harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena mobil dinas kan diatur dalam peraturan khusus dan itu sudah jelas aturannya. Jadi ikuti itu dan semua kebijakan diserahkan kepada pejabat pembina pegawai, seperti bupati, wali kota,” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lucu, Orang Utan Ini Ajak Temannya Main Hantu-hantuan

Lucu, Orang Utan Ini Ajak Temannya Main Hantu-hantuan

Jakarta – Layaknya seperti manusia, hewan juga dapat memiliki rasa bosan dalam menjalani kesehariannya. Sama ...