Home > Ragam Berita > Nasional > Pimpinan KPK Tolak Bertemu dengan Amien Rais, Apa Alasannya ?

Pimpinan KPK Tolak Bertemu dengan Amien Rais, Apa Alasannya ?

Jakarta – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) mempertimbangkan untuk menolak bertemu dengan mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Amin Rais. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan bahwa alasan penolakan tersebut untuk menjaga independensi KPK dalam penegakan hukum.

Pimpinan KPK Tolak Bertemu dengan Amien Rais, Apa Alasannya ?

“Tentu pimpinan KPK punya kewajiban untuk menjaga dan meminimalisir pertemuan dengan pihak terkait yang berperkara,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Apalagi, menurut Febri, nama Amien Rais disebut dalam surat tuntutan terhadap mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari. Menurut Febri, Amien Rais masih terkait secara langsung dalam rangkaian konstruksi kasus.

“Tidak dapat menemui kalau masih terkait secara langsung perkara yang ditangani KPK,” kata Febri.

Mantan Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji menilai sikap pimpinan KPK tersebut telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Din Syamsuddin Tidak Banyak Berikan Komentar Terkait Kasus Habib Rizieq

Menurut Indriyanto, Pasal 65 dan Pasal 66 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK mengatur bahwa pimpinan tidak diperkenakan mengadakan hubungan langsung atau tidak langsng dengan tersangka atau pihak lain yang terkait dengan perkara yang sedang ditangani KPK.

Bahkan, undang-undang tersebut memiliki sanksi pidana apabila dilanggar. “Juga kode etik KPK melarang hal yang sama. Jadi keputusan pimpinan KPK adalah sudah benar, tepat dan sesuai dengan UU dan kode etik KPK,” kata Indriyanto. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Puluhan Terapis Plus Masih Nekat Beroperasi Saat Ramadhan

Puluhan Terapis Plus Masih Nekat Beroperasi Saat Ramadhan

Bandung – Satpol PP Bandung mengamankan 25 terapis di Hotel Harapan Indah, Jalan Gatot Soebroto, ...