Home > Ragam Berita > Nasional > Lagi, Kemampuan Menembak Anggota TNI Cengangkan Prajurit Negara Lain

Lagi, Kemampuan Menembak Anggota TNI Cengangkan Prajurit Negara Lain

Jakarta – Skill menembak milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) memang tak perlu diragukan lagi. Sederet prestasi gemilang pun sukses berhasil diraih TNI dalam sejumlah kompetisi tingkat dunia yang diikuti.

Lagi, Kemampuan Menembak Anggota TNI Cengangkan Prajurit Negara Lain

TNI

Yang terbaru adalah Serda Woli Hamsan dari Kontingen TNI Angkatan Darat dinobatkan sebagai penembak terbaik dalam lomba Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2017 di Puckapunyal, Australia, pada pekan lalu.

Terdapat banyak tantangan yang dihadapi di sana. Tetapi Serda Woli membuktikan prajurit TNI tak mudah dikalahkan walau dengan alat canggih sekali pun.

Masalah pertama adalah soal cuaca. Iklim di Australia berbeda dengan Indonesia. Di sana suhu bisa mencapai 4 sampai 10 derajat celcius, sehingga cukup dingin.

“Mungkin yang agak sulit cuaca karena kalau di Indonesia itu kan kita biasa cuaca cukup panas 27-29 derajat celcius. Sehingga itu harus punya kiat-kiat khusus untuk mengatasi cuaca di sana,” kata Serda Woli di Mabes TNI AD, Selasa (30/5/2017).

Pengalaman menarik yang paling diingat oleh Serda Woli adalah soal arah angin. Pada saat angin kencang, prajurit dari negara lain membawa alat yang canggih untuk mengukur arah angin dan kecepatannya.

Lagi, Kemampuan Menembak Anggota TNI Cengangkan Prajurit Negara Lain

Serda Wolly

Sementara Indonesia hanya cukup mengambil rumput dari bawah yang dilempar ke atas. Dari sana para prajurit TNI sudah punya perkiraan akurat soal arah angin dan kecepatannya.

Hasilnya justru kontingen Indonesia mendapat nilai terbaik saat angin kencang bertiup. Ternyata modal sebatang rumput bisa mengalahkan wind meter. Hal ini cukup membuat tentara lain bengong.

“Katanya kok begitu saja dengan cara seperti itu bisa cepat menembaknya kita yang menggunakan yang canggih kurang bagus menembaknya begitu,” ujar Serda Woli.

Ia pun mengakui lawan terberat merupakan tuan rumah Australia. ” Ya mungkin mereka sudah menguasai medan ya,” kata Serda Woli.

Karena prestasinya tersebut, Serda Woli mendapatkan sebuah rumah tipe 45 dari Kepala Staf TNI AD Jenderal Mulyono. Tak cuma itu, Kasad juga membebaskan Serda Woli untuk memilih lokasi rumahnya sendiri. Dia mengaku bersyukur atas hadiah itu.

Kini Serda Woli bertugas di Kostrad Depok. Dia mengaku ingin pensiun nanti di Depok juga.

“Mungkin di Depok, mungkin ya,” kata Serda Woli Hamsan.

Tak hanya itu, para anggota kontingen lain pun semua mendapat hadiah bonus berupa uang. Sayangnya berapa jumlahnya, Jenderal Mulyono enggan untuk mengungkapkan.

Baca juga: Tak Tegas Tangani Persekusi, Kapolri Copot Kapolres Solok

“Yang penting cukup untuk lebaran. Sebagai wujud rasa kebanggaan saya, saya memberikan apresiasi kepada semua pihak. Penembak-penembak saya berikan bonus. Karena itu merupakan suatu yang wajar bagi saya, mereka sudah membesarkan nama Angkatan Darat maka saya berikan bonus itulah kira-kira,” pungkas Jenderal Mulyono. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Argo Yuwono Tegaskan Penahanan Habib Rizieq Merupakan Wewenang Penyidik

Argo Yuwono Tegaskan Penahanan Habib Rizieq Merupakan Wewenang Penyidik

Jakarta – Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa penahanan seorang tersangka, termasuk ...