London – Sebagai tanda perpisahan terhadap satu produknya yaitu VXR8, produsen mobil asal Inggris, Vauxhall, menawarkan edisi khusus yang diberi julukan VXR8 GTS-R. Rencananya, perkenalan akan dilakukan di ajang Goodwood Festival of Speed. Vauxhall memproduksi sedan tersebut hanya 15 unit.

Vauxhall Bakal Segera Rilis VXR8 GTS-R

Semua mobil telah mendapat beragam tambahan parangkat, bahkan mesinnya dimodifikasi sedikit supaya lebih bertenaga dibanding versi biasa. Diciptakan untuk menjadi mobil paling bertenaga dari yang pernah dijual oleh perusahaan, VXR8 GTS-R memiliki mesin 6,2 liter V8 supercharged. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga lebih kuat 18 hp dari standar menjadi 586 hp, dan torsi puncak 740 nm.

Selain menjadi lebih bertenaga, pabrikan juga melengkapi eksteriornya dengan bumper depan baru, side skirts yang direvisi, dan ventilasi fender depan dari serat karbon. Mobil ini juga mendapatkan splitter depan, diffuser yang unik, dan pipa knalpot dengan desain khusus. Pembaruan lainnya, spoiler belakang serat karbon dan pelek desain baru berukuran 20 inci.

Sementara interiornya tidak banyak mengalami perubahan. Dilaporkan Carscoops, VXR8 GTS-R hanya mendapat jok sport terbungkus bahan kulit, dengan pola jahitan berlian, dan roda kemudi dibungkus bahan dari Alcantara.

Untuk menjaga agar tetap terkendali saat melaju dalam kecepatan tinggi, para teknisi Vauxhall melengkapinya dengan limited slip differential dan torque vectoring system. Selain itu, ada juga sistem pengereman yang telah di-upgrade menjadi monoblok enam piston dengan rem cakram 410 mm di roda depan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)