Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Penyebab Pusing di Pagi Hari

Penyebab Pusing di Pagi Hari

Jakarta – Sakit kepala atau pusing merupakan gangguan yang umum dialami semua orang tanpa batasan waktu, termasuk saat bangun tidur di pagi hari.

Penyebab Pusing di Pagi Hari

Pusing

Terdapat berbagai alasan mengapa seseorang bisa mengalami pusing saat terbangun di pagi hari. Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Rabu (7/6/2017):

1. Terlalu banyak tidur

Umumnya, orang membutuhkan tidur 7-8 jam. Namun tidur berlebihan, seperti mencapai 9 jam atau lebih, dapat memicu sakit kepala. Tidur berlebih dapat menurunkan tingkat serotonin dalam otak yang dapat menurunkan aliran darah dalam otak sehingga menjadi pusing.

2. Minum banyak alkohol

Konsumsi alkohol terlalu banyak di malam hari dapat menimbulkan rasa pusing keesokan paginya. Meskipun minum menghidrasi tubuh, namun hal tersebut dapat menurunkan aliran darah ke otak dan menyebabkan pusing.

3. Kurang tidur

Ketika Anda tak cukup tidur, maka hormon akan mengalami gangguan di mana hal tersebut dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah sehingga menyebabkan rasa pusing.

4. Mengalami depresi

Depresi dapat menyebabkan sakit kepala kapan saja, namun paling sering di pagi hari. Depresi dapat mengganggu jadwal tidur sehingga menyebabkan kurang tidur atau sebaliknya. Hal tersebutlah yang memicu pusing.

5. Konsumsi kafein berlebih

Konsumsi kafein berlebih dan tidur tak teratur dapat membuat Anda pusing saat terbangun di pagi hari. Peminum kafein berat cenderung mengalami pusing akibat kandungan tersebut.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Gigi Ngilu Saat Menyantap Makanan

6. Produksi hormon baik menurun

Pusing di pagi hari bisa disebabkan oleh produksi hormon-hormon baik dalam tubuh rendah, seperti endorfin yang dapat memengaruhi aliran darah ke otak. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Balita dengan IQ Tinggi Cenderung Panjang Umur

Balita dengan IQ Tinggi Cenderung Panjang Umur

Jakarta – Studi menemukan jika balita dengan tingkat kecerdasan (IQ) lebih tinggi cenderung hidup lebih ...