Jakarta – Peta persaingan kursi Jawa Barat (Jabar) 1 memang masih terlalu dini. Tetapi beberapa nama telah muncul ke permukaan sebagai bakal calon gubernur, bahkan ada pula partai yang sudah terang-terangan mendukung salah satu calon.

Susi Pudjiastuti Mampu Gegerkan Pilgub Jabar

Susi Pudjiastuti

Nusron Wahid selaku Ketua Pemenangan Indonesia 1 Partai Golkar, menyatakan nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dapat muncul tiba-tiba untuk menggegerkan pilgub Jabar. Sebabnya, pelaksanaannya baru berjalan tahun depan.

“Saya menduga masih ada kejutan nama-nama lain yang akan muncul, misal yang mengejutkan figur seperti mbak Susi. Kalau tiba-tiba turun di Jawa Barat, geger ini,” ucap Nusron dalam paparan survei Poltracking Indonesia di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Kamis (8/6/2017).

Susi pun diyakini Nusron akan meraup suara tinggi bila ikut meramaikan kontestasi di Tanah Pasundan. Tetapi, kendala Susi meraup suara di Jabar merupakan soal kebijakan pelarangan penggunaan cantrang. Banyak nelayan tradisional yang menentang kebijakan menteri nyentrik tersebut. Terlebih, wilayah Jabar banyak didiami para nelayan.

Meski demikian, partai berlambang pohon beringin itu masih belum memutuskan siapa yang akan diusung di Pilkada Jabar 2018. Partai yang dinahkodai Setya Novanto itu bakal habis-habisan di Pilkada Jabar mengingat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai kandidat di Pilkada DKI kandas.

Baca juga: Polisi Sebut Akan Tangkap Habib Rizieq Seperti Gayus Tambunan

“Kalah ya lemas. Tidak ada (istilah) kalah terhormat, itu tulisan di koran saja, kalah itu lemas,” pungkas Nusron. (Yayan – harianindo.com)