Home > Travel & Kuliner > Wisata > Tips Berhemat dengan Anggaran Libur Lebaran

Tips Berhemat dengan Anggaran Libur Lebaran

Jakarta – Menjalani waktu libur bersama keluarga menjadi momen yang paling dinantikan. Tak hanya berfungsi merekatkan hubungan antar anggota keluarga, liburan bisa menjadi salah satu cara melepas stres dan penat dari rutinitas harian.

Tips Berhemat dengan Anggaran Libur Lebaran

Liburan bersama Keluarga

Salah satu momen liburan yang paling dinantikan banyak orang dalam waktu dekat ini ialah libur Lebaran.

Bagi umat Islam, libur Lebaran memiliki makna ganda. Selain bisa menikmati serunya liburan, mereka juga dapat silaturahmi dengan keluarga dalam momen Idul Fitri. Sementara, bagi mereka yang non-Muslim, libur Lebaran berarti bisa pergi bersama keluarga ke tempat wisata untuk bersenang-senang.

Jelang libur Lebaran, Anda pun sebaiknya melakukan sejumlah persiapan, termasuk mempertimbang biaya yang akan dikeluarkan agar tak sampai mencekik dompet. Demi mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa cara agar Anda sekeluarga dapat menikmati masa liburan dengan lebih hemat seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (9/6/2017):

1. Rencanakan jauh hari

Anda perlu mempelajari detail objek wisata yang akan dikunjungi, termasuk lokasi wisata dan harga tiket masuk (HTM). Biasanya, suatu tempat wisata memiliki HTM yang berbeda antara orang dewasa dan anak. Lakukan survei kecil-kecilan lewat internet. Cari tahu tentang lokasi penginapan dan tarifnya, moda transportasi yang akan digunakan untuk menuju ke sana, dan restoran atau warung makan yang sesuai kantong Anda. Akan lebih baik jika Anda juga mencari informasi mengenai diskon atau potongan harga tiket pesawat dan hotel.

2. Cari waktu berlibur yang tepat

Jika Anda termasuk orang yang tak terlalu menyukai hiruk-pikuk dan keramaian di lokasi wisata, maka pilihlah berlibur di luar musim liburan. Sebab, pada musim liburan selain banyak turis, harga tiket pesawat dan penginapan menjadi lebih mahal. Namun, bila Anda cuma punya waktu berlibur saat musim liburan tiba, siasati dengan memilih jadwal penerbangan sesaat setelah masa liburan sekolah dimulai dan pulang 2-3 hari lebih awal sebelum hari libur berakhir. Hal ini untuk menghindari kepadatan di lokasi wisata, sekaligus memberi waktu istirahat lebih kepada anak Anda sebelum kembali masuk sekolah.

3. Siapkan uang tunai

Siapkan uang tunai selama berlibur. Mengapa? Sebab, uang tunai akan membuat Anda lebih terkontrol dalam mengatur pengeluaran. Anda dapat menghitung langsung sisa uang di dompet dan akan mengerem keinginan berfoya-foya. Untuk menghindari kehilangan atau pencurian, bawa uang secukupnya. Tentu saja, kartu debit, kartu kredit Visa, atau MasterCard Anda tetap dibawa sebagai cadangan bila membutuhkan uang mendadak.

4. Catat pengeluaran

Namanya juga ingin berlibur hemat, maka Anda harus rajin mencatat setiap pengeluaran. Lakukan evaluasi pengeluaran setelah sampai di hotel atau sebelum tidur . Kumpulkan dan catatlah semua pengeluaran agar tahu uang Anda habis digunakan untuk apa saja. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan jika uang sesuai dana liburan yang telah ditetapkan.

5. Cari tiket dengan harga terbaik

Guna menghemat bujet, Anda sebaiknya mencari tiket dengan harga sesuai kantong. Anda dapat menjelajahi berbagai situs booking atau menggunakan Price Alerts di Traveloka App. Fitur ini akan memberikan notifikasi harga tiket pesawat sesuai dengan bujet yang telah Anda tentukan. Jika ada penurunan harga, Anda akan langsung mengetahui tanpa perlu repot memeriksa harga setiap harinya.

Baca juga: Taman IQRA Ikon Wisata Kota Padang

Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat uang, tenaga, dan waktu karena tak perlu mengecek harga secara berkala. Selain fitur ini, Anda pun dapat memanfaatkan Flight Reminder, Online Refund, Multiple Payment Methods, dan Easy Reschedule untuk memudahkan urusan perjalanan liburan Lebaran. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Beginilah Ciri-Ciri Generasi Millenial Saat Bepergian di Waktu Liburan

Beginilah Ciri-Ciri Generasi Millenial Saat Bepergian di Waktu Liburan

Jakarta – Berlibur adalah salah satu aktivitas pelepas stres yang disenangi banyak orang. Sepanjang waktu ...