Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Sosok Calon Perdana Menteri Perempuan Pertama di Serbia

Inilah Sosok Calon Perdana Menteri Perempuan Pertama di Serbia

Belgrade – Presiden Serbia, Aleksandar Vucic menominasikan Ana Brnabic untuk menjabat sebagai perdana menteri (PM) negara tersebut. Jika resmi, maka selain menjadi PM perempuan pertama di Serbia, Brnabic juga akan menjadi PM lesbian pertama.

Inilah Sosok Calon Perdana Menteri Perempuan Pertama di Serbia

Nama Brnabic pertama kali menjadi sorotan media internasional usai ia dilantik menjadi menteri di kabinet Vucic. Pasalnya ia merupakan pejabat pertama di Serbia yang secara terbuka mengklaim sebagai penyuka sesama.

Sebagaimana diberitakan Independent pada Kamis (16/6/2017) walau sudah resmi menjadi nominasi pilihan Vucic, Brnabic masih harus mendapatkan dukungan dari Parlemen Serbian. Pembahasan mengenai penunjukkan Brnabic disebut akan diagendakan parlemen pada pekan depan.

Sang Presiden Serbia menyatakan, penunjukkan perempuan yang saat ini menjabat sebagai menteri administrasi publik dan pemerintah daerah itu sebenarnya sulit. Namun, ia mengklaim bahwa tetap melakukannya demi kepentingan Serbia dan warganya.

Ketika Brnabic ditunjuk sebagai bagian dari kabinet Vucic, banyak kelompok hak asasi manusia di Barat yang memujinya. Mereka menyebutnya sebagai momen bersejarah di Serbia. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wiranto Angkat Bicara Terkait Serangan Siber di Indonesia

Wiranto Angkat Bicara Terkait Serangan Siber di Indonesia

Jakarta – Pemerintah hingga saat ini masih terus menggodok persiapa untuk membentuk Badan Siber dan ...