Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Kulit Kering Tidak Wajar Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini

Kulit Kering Tidak Wajar Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini

Jakarta – Pada umumnya, fenomena kulit kering tidak berbahaya serta mudah diatasi dengan pelembab. Tetapi, bagaimana apabila kulit tetap kering meskipun Anda sudah mengaplikasikan pelembab? Hal inilah yang harus diwaspadai.

Kulit Kering Tidak Wajar Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini

Kulit Kering

Kulit yang kering secara tak wajar mengindikasikan tubuh yang tidak sehat. Berikut beberapa penyakit yang gejalanya ditandai dengan kulit kering seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (18/6/2017):

1. Diabetes

Dermatolog Helene Rosenzweig, MD menjelaskan, saat gula darah melonjak, tubuh akan kehilangan cairan lebih cepat sehingga kulit menjadi dehidrasi. Diabetes juga dapat mengganggu kemampuan berkeringat secara normal, dan mengurangi jumlah kelembaban pada kulit.

Jika keadaan semakin memburuk, kulit yang pecah-pecah menjadi sangat rentan terhadap bakteri yang mengonsumsi glukosa. Anda pun menjadi rentan terkena infeksi berbahaya.

Tanda lain dari diabetes juga bisa dilihat dari gejala mudah haus, sering buang air kecil, dan merasa lebih lapar dari biasanya. Kelelahan dan kaburnya penglihatan juga sering terjadi seiring parahnya diabetes. Segera periksa kadar gula darah jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

2. Ada masalah pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang dapat menjaga sel tubuh tetap sehat. Kekurangan hormon ini menyebabkan beberapa masalah seperti tubuh merasa kedinginan, pelupa, depresi, dan sembelit. Dan karena hormon tiroid memiliki reseptor di kulit, kekurangan hormon tiroid membuat kulit menjadi kering, kasar, dan bersisik.

Mengatasi gangguan tiroid harus didukung perubahan gaya hidup, seperti lebih banyak mengonsumsi makanan beryodium, selenium, dan zinc.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Air Hangat Bagi Kesehatan

3. Gangguan ginjal

Lebih dari 26 juta orang dewasa mengalami gangguan pada ginjal, dan sebagian besar tak menyadarinya. Terutama karena gejalanya mencakup kelelahan, sulit berkonsentrasi dan tidur, frekuensi buang air kecil meningkat, dan kaki bengkak sehingga sering dikaitkan dengan kondisi lain. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Jakarta – Hijab bukan hanya bagian dari busana, tapi menjadi hal yang diwajibkan dalam agama ...