Home > Ragam Berita > Nasional > Jelang Lebaran, Pemerintah Tegaskan Bakal Tanggulangi Kemacetan di Cipali

Jelang Lebaran, Pemerintah Tegaskan Bakal Tanggulangi Kemacetan di Cipali

Jakarta – Pemerintah telah menyiapkan berbagai antisipasi dan skenario untuk mencegah terjadinya kemacetan parah di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) hingga exit Tol Brebes (Brexit). Hal ini mengingat kemacetan panjang yang terjadi hingga puluhan kilometer yang terjadi saat mudik Lebaran tahun lalu.

Jelang Lebaran, Pemerintah Tegaskan Bakal Tanggulangi Kemacetan di Cipali

Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, sistem buka tutup di Tol Cipali akan dilakukan berdasarkan dengan data otentik, dibantu oleh pihak Jasa Marga. Data ini dihimpun berdasarkan jumlah kendaraan yang melintas menuju tol tersebut.

“Misal kendaraan yang masuk Cikarang Utama itu berapa, kita sudah ambil langkah untuk gerbang Palimanan buka maksimal. Kemudian exit Kanci, Pejagan, Brebes Barat dan Timur, kita buka maksimal dua jam kemudian,” kata Royke di Jakarta pada Minggu (18/6/2017).

Baca juga: Tiga Terduga Teroris Diringkus Densus 88 di Temanggung

Royke mengatakan, berdasarkan data dan penghitungan berapa kendaraan yang telah melewati gerbang tol, maka petugas akan menyiapkan tindakan yang harus dilakukan di persimpangan depan berdasarkan data tersebut.

“Kemudian skenario yang paling parah dan mudah-mudahan tidak terjadi, kalau Pantura (Jalur Pantai Utara) sudah stuck, kita harus alihkan kendaraan ke selatan dengan segala risiko. Kalau padat, harus buka tutup berapa kendaraan ke arah utara, berapa ke selatan,” ujar Royke. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Akan Gratiskan Tarif Exit Tol Cikarang Utama Sebagai Alternatif Terakhir Urai Kemacetan

Polisi Akan Gratiskan Tarif Exit Tol Cikarang Utama Sebagai Alternatif Terakhir Urai Kemacetan

Purwakarta – Sebagai alternatif terakhir mengurai kemacetan pada arus balik di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, ...