Home > Ragam Berita > Nasional > Agus Rahardjo : KPK Dapat Tawaran untuk Bergabung dengan Tim Investigasi Polri

Agus Rahardjo : KPK Dapat Tawaran untuk Bergabung dengan Tim Investigasi Polri

Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan tim penyidik memaparkan perkembangan pengusutan perkara serangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kepada pimpinan KPK.

Agus Rahardjo : KPK Dapat Tawaran untuk Bergabung dengan Tim Investigasi Polri

Dalam 2,5 jam pertemuan, dibahas juga soal kemungkinan KPK bergabung dalam tim investigasi Polri. Ketua KPK Agus Raharjo mengatakan, tawaran tersebut diajukan langsung oleh Tito.

“Dalam rapat ditawarkan kalau KPK mau gabung untuk mempercepat, memperkuat penyidikan,” ujar Agus di Jakart pada Senin (19/6/2017).

Namun, kata Agus, KPK tidak bisa masuk ke dalam tim tersebut. Itu karena kasus Novel masuk ke ranah pidana umum, sementara KPK lembaga yang menangani korupsi.

“Tapi kami secara internal akan evaluasi, back up apa yang bisa kami berikan,” kata Agus.

Agus mengatakan, peran KPK dalam penyidikan itu tidak mesti dengan bergabung dalam tim investigasi. KPK akan membahas lebih jauh bantuan apa yang bisa diberikan kepada Polri dalam mengusut kasus Novel.

Baca juga: Tito Nilai Ada Kerancuan Hukum Dalam Upaya Paksa Membawa Miryam

Termasuk informasi soal dugaan kaitannya dengan kasus-kasus yang pernah ditangani Novel, maupun kasus yang pernah menjerat Novel. “KPK dan Polri akan kerja sama, eksplor kasus apa yang ditangani, akan beri info juga ke Polri,” kata Agus.

Tito mengatakan, sejauh ini, pihaknya telah memeriksa 56 saksi terkait kasus Novel. Dia menyadari bahwa perbedaan ranah pidana membuat KPK mustahil berada dalam tim penyidikan. Namun, Polri membutuhkan KPK di luar fungsi tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

JK Menilai Pidato "Pribumi" Anies Tak Diskriminatif

JK Menilai Pidato “Pribumi” Anies Tak Diskriminatif

Jakarta – Jika Presiden Jokowi enggan menanggapi perihal pidato Anies, berbeda dengan Wakil Presiden Jusuf ...