Home > Ragam Berita > Nasional > Habib Luthfi : “Enak Saja Ingin Membubarkan Pancasila”

Habib Luthfi : “Enak Saja Ingin Membubarkan Pancasila”

Jakarta – Mempelajari dan memahami ilmu fiqih dan ilmu kalam adalah sebuah keniscayaan bagi umat Islam, termasuk kalangan santri. Meski demikian, santri harus pula aktif menggali keilmuan lain yang juga bersumber dari kitab suci Al-Qur’an.

Habib Luthfi : "Enak Saja Ingin Membubarkan Pancasila"

Habib Luthfi

“Belajar halal haram itu pokok, belajar sifat wajib-jaiz (Allah) itu kewajiban. Namun (santri) harus belajar kandungan Al-Qur’an yang juga berisi ilmu astronomi, antariksa, sebagaimana yang tersebut dalam surat Al-Qur’an,” tegas Habib Luthfi bin Hasyim bin Yahya dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Latak, Godong, Grobogan, Jawa Tengah, Senin (9/5/2017).

Ketua Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Nahdlatul Ulama (NU) ini pun memberi alasan masyarakat Indonesia tertinggal karena kurang mempelajari perkembangan.

“Islam itu kaya, namun ustadz dengan ustadz saling diam, habaib dengan habaib tidak akur. Bahasannya (yang dibahas) pilkada 5 tahunan terus. Kalau tidak itu, kita ribut talqin, tahlil, maulud, manaqib terus,” ujarnya.

Tak hanya mencontohkan beberapa ayat Al-Qur’an yang membahas tentang ilmu alam, falak dan beberapa sudut ilmu lain, Habib Luthfi juga mengisahkan tentang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Ia berkisah bahwa Nabi Muhammad menjalani perjalanan dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha.

“Kenapa Masjidil Aqsha? Karena di Masjidil Aqsha banyak sejarah para nabi terdahulu yang ada di sana. Ini menunjukkan bahwa Nabi diajari Allah untuk mempelajari sejarah,” papar Habi Luthfi.

Dengan demikian, Habib Luthfi menambahkan, agar masyarakat Indonesia tidak kehilangan obor, semua warga harus menghargai para pendahulu.

Baca juga: Pemerintah Diminta Untuk Menindak Tegas Importir Mie Instan Babi

“Merdeka itu tidak gratis, Pancasila itu gagasan para ulama. Enak saja mau membubarkan, tidak berjuang apa-apa, tapi inginnya membubarkan,” pungkasnya. (Yayan – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polisi Sebut Punya Bukti Kuat Terkait Status Tersangka Hary Tanoe

Polisi Sebut Punya Bukti Kuat Terkait Status Tersangka Hary Tanoe

Jakarta – CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan ancaman ...