Home > Ragam Berita > Nasional > Siapkan Dana Segini Jika Ingin Mudik Dengan Menyewa Pesawat Jet Pribadi Atau Helikopter

Siapkan Dana Segini Jika Ingin Mudik Dengan Menyewa Pesawat Jet Pribadi Atau Helikopter

Jakarta – Hari Raya Idul Fitri memang selalu dijadikan ajang menjalin silaturahmi dan berkumpul bersama dengan keluarga besar. Oleh sebab itu, mudik ke kampung halaman menjadi ritual wajib bagi para perantau setiap tahunnya.

Siapkan Dana Segini Jika Ingin Mudik Dengan Menyewa Pesawat Pribadi Atau Helikopter

Pesawat Jet Pribadi

Tak sedikit orang yang mudik menggunakan mobil pribadi, kereta maupun pesawat komersial. Akan tetapi, segelintir orang sudah tak lagi terasa nyaman, atau bahkan sudah bosan karena terlalu sering mudik menggunakan moda transportasi itu. Mereka butuh sarana angkutan yang lebih baik. Jet pribadi, helikopter, atau mobil mewah pun dilirik.

Tarif sewa yang mahal sepertinya tak jadi kendala bagi para pemudik premium ini. Setidaknya ini terlihat pada PT White Sky Aviation yang menyewakan helikopter Bell 429 untuk keperluan mudik. Menurut pejabat Pengembangan Bisnis White Sky, Rikartajaya, helikopter berkapasitas enam penumpang tersebut sudah habis dipesan untuk rute Jakarta-Bandung, dengan tanggal keberangkatan 23-27 Juni. Laris-manisnya penyewaan helikopter tersebut ditopang oleh diskon besar yang diberikan oleh White Sky.

“Kami memberikan tarif khusus Rp 14 juta per unit, belum termasuk biaya pendaratan dan pajak,” kata Jaya ketika dihubungi Tempo, Jumat pekan lalu, 16 Juni 2017. Tarif ini jauh lebih rendah dibanding tarif normal sebesar Rp 41 juta.

Pemberian diskon yang sangat besar tersebut, ucap dia, bertujuan untuk memperkenalkan moda helikopter sebagai moda alternatif. Soal tempat keberangkatan, ujar Jaya, biasanya helikopter terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma dan mendarat di beberapa helipad yang ada di kota Bandung.

“Harga khusus tersebut juga kami berikan saat akhir tahun,” kata dia. White Sky, yang mengusung merek Helicity, menyediakan empat jadwal penerbangan pulang-pergi Jakarta-Bandung mulai pukul 07.00.

“Detail lokasi helipad bisa dilihat di situs web Helicity,” dia menyebutkan.

Situs web e-commerce BliBli.com juga menawarkan sewa helikopter Bell 407 dengan tarif Rp 53-159 juta per unit. Helikopter tersebut bisa mengangkut lima orang penumpang. Menurut Head of Trade Partnership PT Global Digital Niaga, pemilik BliBli.com, Lay Ridwan Gautama, rentang harga tersebut disesuaikan dengan lama sewa dan tujuan.

“Penyewaan helikopter sudah tersedia sejak akhir tahun lalu. Tujuannya Bandung dan Bali,” ujar Lay.

Berdasarkan data di situs BliBli.com, sudah ada yang menyewa helikopter tersebut. Sayangnya, tidak ada yang memberikan ulasan. Untuk rute mudik yang lebih jauh, para pemudik bisa menyewa jet pribadi. Tarif sewa untuk tujuan Yogyakarta, Cilacap, dan Solo dengan jet Phenom 300 sebesar Rp 151,2 juta dan Hawker 900 XP Rp 189 juta. Sedangkan penerbangan ke Surabaya dan Pangkalan Bun dibanderol Rp 213,3 juta (Phenom 300) dan Rp 276,7 juta (Hawker 900 XP).

Baca Juga : Baru Satu Tahun Menjabat Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti Tertangkap KPK

Tujuan Denpasar dan Lombok Rp 316 juta (Phenom 300) serta Rp 364,5 juta (Hawker 900 XP). Ke Makassar seharga Rp 405 juta (Phenom 300) dan Rp 465,7 juta (Hawker 900 XP). Adapun ke Singapura Rp 405 juta (Phenom 300) dan Rp 411,7 juta (Hawker 900 XP).

(bimbim – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Info Mudik 2017: Kendaraan di Pantura Jawa Barat Ramai Lancar di H-1

Info Mudik 2017: Kendaraan di Pantura Jawa Barat Ramai Lancar di H-1

Indramayu – Pada H-1 Lebaran, Sabtu (24/6/2017), volume kendaraan yang melintas di jalur Pantura Indramayu, ...