Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Berikut 5 Manfaat Mendengarkan Musik Selain Membuat Rileks

Berikut 5 Manfaat Mendengarkan Musik Selain Membuat Rileks

Jakarta – Musik merupakan salah satu cara untuk melepas stres instan kala berada dalam tekanan. Bukan bagi mental, musik juga bermanfaat pada kesehatan.

Berikut 5 Manfaat Mendengarkan Musik Selain Membuat Rileks

Mendengarkan Musik

Tidak percaya? berikut lima manfaat musik bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir Thehealthsite, Rabu (21/6/2017):

1. Menurunkan berat badan

Sebuah studi yang dilaporkan psikolog olahraga dari Brunel University di London, Costas Karageorghis, menemukan bahwa mendengarkan musik dapat memperlama durasi olahraga dan memberikan hasil yang lebih baik. Namun, tempo dan pola ritme perlu disesuaikan dengan kecepatan gerakan dan aktivitas agar memberi hasil maksimal. Beberapa olahraga yang cocok dilakukan sambil mendengarkan musik adalah latihan beban, lari cepat, jogging, bersepeda, dan mendayung.

2. Menemukan kedamaian batin

Terdapat tujuh cakra (pusat energi) yang terdapat dalam tubuh, yang tersebar dari atas kepala hingga ujung tulang punggung). Ketika emosi tidak dalam keadaan seimbang karena adanya kesalahan dalam salah satu cakra, tubuh akan merasakan sakit atau nyeri. Menurut psikoterapi sekaligus pelatih menejemen stres Alicia Sheilah, mendengarkan musik membantu mengembalikan tujuh cakra dalam tubuh sehingga membuat seseorang merasa lebih baik.

3. Mengobati gangguan neurologis

Dokter saraf dari Indian Medical Association dr. JS Kathpal menyebutkan bahwa musik dapat berperan sebagai terapi pembantu dalam berbagai kondisi neurologis seperti cemas, insomnia, dan depresi. Musik juga membantu meningkatkan konektivitas otak dan melepaskan endorfin (hormon bahagia) yang memberi efek positif pada otak. Selain itu, musik juga menjaga tekanan darah tetap normal dan membantu proses penyembuhan. Musik hip-hop terbukti dapat meningkatkan konektivitas dengan orang dan membantu penderita skizofrenia dan depresi dalam pengobatan.

4. Membuat orgasme

Sebuah penelitian dari Wesleyan University menemukan bahwa musik dapat membuat orgasme pada kulit sehingga memproduksi perasaan kuat yang bisa dirasakan seluruh tubuh, dimana hal tersebut membuat berkeringat dan bergairah. Musik klasik atau romantis lembut adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Rajin Olahraga Tak Menjamin Anda Terhindar Dari Serangan Jantung

5. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Advanced Nursing menunjukkan bahwa musk klasik yang merilekskan dapat membantu mengobati insomsia secara efisien. Selain dapat mengurangi aktivitas saraf simpatik, musik juga dapat merileksasi otot dan menenangkan pikiran. Musik juga dapat menurunkan rasa cemas, tekanan darah, dan tingkat pernapasan sehingga tidur menjadi lebih nyenyak. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dokter Jantung Menampik Keanehan Pada Posisi Infus Setnov

Dokter Jantung Menampik Keanehan Pada Posisi Infus Setnov

Jakarta – Viralnya meme tentang Setnov yang sedang terbaring di Rumah Sakit, membuat netizen menilai ...