Home > Ragam Berita > Nasional > Keberadaan Habib Rizieq di Luar Negeri Menjadi Penghambat Penyelidikan Polisi

Keberadaan Habib Rizieq di Luar Negeri Menjadi Penghambat Penyelidikan Polisi

Jakarta – Upaya menghindar dari proses hukum yang dilakukan tersangka pornografi, Rizieq Syihab alias Habib Rizieq, dengan cara melarikan diri alias buron ke Arab Saudi, ternyata cukup menyulitkan kepolisian.

Keberadaan Habib Rizieq di Luar Negeri Menjadi Penghambat Penyelidikan Polisi

Menurut Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, akibat ulah Rizieq itu, petugas kepolisian jadi tak bisa mendapatkan keterangan yang sebenarnya dari mulut Rizieq tentang kasus yang menjeratnya itu.

Setyo mengatakan, selama Rizieq berada di luar negeri, otomatis penyidik Polda Metro Jaya hanya bisa menunggu buronan itu kembali ke tanah air. Sebab, secara aturan kepolisian tidak bisa menerapkan hukum yang berlaku di Indonesia di negara tempat Rizieq bersembunyi.

“Secara aturan, kita kan tidak di dalam negeri. Itu aturannya di luar negeri. Kita di luar negeri tidak sesuai hukum yang berlaku di Indonesia harus berlaku hukum internasional dan hukum negara,” kata Setyo, Rabu, 21 Juni 2017.

Setyo menuturkan, agar kasus ini segera tuntas, sebaiknya Rizieq pulang saja ke Indonesia. Rizieq tak perlu takut berhadapan dengan hukum jika memang dia tidak bersalah. Hanya Rizieq yang dapat memastikan nasibnya dalam kasus ini.

Baca juga: Kapolda Ungkapkan Perampok SPBU Daan Mogot Kerap Beraksi di Jabar

“Saya kan selalu mengatakan sebaiknya kembali dan klarifikasi kalau memang tidak salah pasti tidak akan dihukum,” ujarnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini Rizieq masih saja memilih untuk bertahan di Arab Saudi, tapi melalui pengacara-pengacaranya, pentolan ormas FPI itu bersikukuh tidak bersalah dalam kasus yang juga menjerat wanita bernama Firza Husein. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Setya Novanto Juga Mengidap Tumor Tenggorokan?

Setya Novanto Juga Mengidap Tumor Tenggorokan?

Jakarta – Setelah menjalani operasi jantung belum lama ini, Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto ...