Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tips Terhindar dari Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan

Tips Terhindar dari Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan

Jakarta – Kaum Muslimin diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh pada bulan suci Ramadhan. Waktu berpuasa di Indonesia rata-rata sekitar 13 jam. Selama 13 jam berpuasa, takada makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi.

Tips Terhindar dari Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan

Dehidrasi

Selama berpuasa kita pun garus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap terhidrasi. Untuk itu, disarankan Anda mengonsumsi air putih yang cukup. Sebab jika tidak, akan timbul gejala dehidrasi berupa pusing, sakit kepala, lesu, dan letih.

Berikut cara mencegah dehidrasi saat berpuasa seperti dilansir dari metrotvnews.com, Rabu (21/6/2017):

1. Hindari minuman mengandung kafein

Minuman seperti teh dan kopi mengandung kafein yang memiliki sifat diuretik atau meningkatkan produksi urin, membuang garam dan air dari tubuh. Minum minuman yang mengandung kafein akan menimbulkan rasa haus berlebih. Daripada minum minuman berkafein, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih saat berbuka dan sahur.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Mengonsumsi buah tidak hanya baik untuk kesehatan, melainkan juga membantu tubuh tetap terhidrasi. Pilihlah buah dan sayur yang mengandung kadar air tinggi. Misal, semangka, ketimun, tomat, dan belimbing.

3. Hindari makanan pedas dan asin

Kedua jenis makanan ini akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Anda masih bisa menyantapnya asalkan masih dalam batas wajar. Apabila memasak makanan pun dianjurkan tidak terlalu asin dan pedas.

4. Jangan menghabiskan minuman dalam satu waktu

Minum air dalam satu waktu sekaligus akan menyebabkan tubuh ingin segera membuangnya. Sebaiknya, Anda minum ketika merasa haus beberapa tegukan setelah berbuka dan saat sahur.

5. Hindari paparan sinar matahari berlebih

Usahakan untuk menghindari berlama-lama di bawah matahari terik. Sebab, suhu panas akan menyebabkan tubuh berkeringat dan kehilangan cairan. Cobalah untuk membatasi waktu di luar rumah, atau carilah tempat yang lebih teduh.

Baca juga: 7 Penyebab Obesitas yang Sering Tidak Disadari

6. Konsumsi air kelapa saat sahur dan berbuka

Saat Anda kehilangan cairan tubuh, penting untuk segera menggantinya. Anda dianjurkan minum air kelapa. Mengapa? Selain menyegarkan dan lebih alami, air kelapa juga mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ponsel Ternyata Berhubungan Dengan Tidur Mengorok Hingga Sleep Apnea, Kok Bisa?

Ponsel Ternyata Berhubungan Dengan Tidur Mengorok Hingga Sleep Apnea, Kok Bisa?

Jakarta – Data penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa jumlah orang dewasa yang tidur mengorok bertambah ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135