Home > Ragam Berita > Nasional > Polda Metro Selenggarakan Tes Urine untuk Sopir Bus di Terminal Pulogebang

Polda Metro Selenggarakan Tes Urine untuk Sopir Bus di Terminal Pulogebang

Jakarta – Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya melakukan tes urine terhadap para sopir dan awak bus yang ada di Terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (22/6/2017). Tes urine ini dilakukan guna memastikan para sopir bus antar kota antar provinsi yang akan mengantarkan para pemudik ke kota-kota tujuannya.

Polda Metro Selenggarakan Tes Urine untuk Sopir Bus di Terminal Pulogebang

“Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap pengendara dalam kondisi sehat. Harapannya mereka dalam kondisi sehat dan baik serta perjalanan lancar dan selamat,” ujar Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Nico Afinta di Terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (22/6/2017).

Nico mengungkapkan kegiatan ini dilakukan bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Badan Narkotika Nasional Propinsi DKI Jakarta, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Kegiatan ini akan dilakukan secara rutin selama musim mudik lebatan tahun ini.

Nico menyebut kegiatan tes urine ini tak hanya menyasar sopir bus jarak jauh tetapi juga pengendara-pengendara kendaraan jarak jauh lainnya seperti pilot, masinis, dan nahkoda.

“Mereka kan bertanggungjawab ke penumpang,” jelas Nico.

Baca juga: Polisi Pantau Pemudik di Terminal Kalideres dengan Sebar Personel

Bila kedapatan sopir dengan urine positif mengandung zat narkotika, menurut Nico pihaknya akan melakukan pengecekan lebih lanjut. Pengecekan ini guna mengetahui besaran kandungan zat narkotika yang ada di dalam urine tersebut dan untuk menentukan apakah akan diproses hukum atau direhabilitasi.

“Apabila ditemukan di atas satu gram bentuk sabu atau ganja akan dipdoses pidana. Apabila barang buktinya ditemukan di bawah ketentuan seperti sisa pakai akan direhab dan sopir harus dikirim ke rumah sakit rehabilitasi,” tukas Nico. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Video Kontroversi Eggi Sudjana Yang Berujung Pelaporan

Inilah Video Kontroversi Eggi Sudjana Yang Berujung Pelaporan

Jakarta – Sures Kumar selaku Ketua DPN Perhimpuan Pemuda Hindu Indonesia akhirnya memutuskan untuk melaporkan ...