Home > Ragam Berita > Nasional > Jaksa KPK Menduga Setya Novanto Terlibat Dalam Kasus E-KTP

Jaksa KPK Menduga Setya Novanto Terlibat Dalam Kasus E-KTP

Jakarta – Nama Setya Novanto kembali disebut jaksa dalam sidang dugaan korupsi proyek e-KTP. Setya diduga terlibat bersama-sama dengan 6 orang lainnya termasuk dua terdakwa e-KTP.

Jaksa KPK Menduga Setya Novanto Terlibat Dalam Kasus E-KTP

“Telah terjadi kerja sama yang erat dan sadar yang dilakukan para terdakwa dengan Setya Novanto, Diah Anggraini, Drajat Wisnu, Isnu Edhi dan Andi Agustinus alias Andi Narogong,” kata jaksa penuntut umum saat membacakan surat tuntutan terdakwa Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2017).

Irman adalah mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, sedangkan Sugiharto merupakan Pejabat Pembuat Komitmen Kemendagri. Sementara itu Diah Anggraini merupakan eks Sekjen Kemendagri, Andi Narogong merupakan pengusaha, Drajat Wisnu ketua lelang proyek, dan Isnu Edhi ketua konsorsium PNRI.

Jaksa berpendapat, pertemuan tersebut sarat kepentingan. Andi dalam satu pertemuan mengemukakan pendapatnya untuk mengerjakan proyek e-KTP. Pertemuan salah satunya digelar di Gran Melia.

“Kerja sama tersebut menunjukkan adanya kesatuan kehendak dan kesatuan perbuatan fisik yang saling melengkapi satu sama lain dalam mewujudkan delik,” tutur jaksa.

Baca juga: PKS Pertanyakan Putusan Terkait Pemenjaraan Ahok

Saat proyek ini bergulir 2011-2013 lalu, Novanto menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPR. Pada persidangan 6 April 2017 lalu Novanto telah membantah tahu dan terlibat mengenai masalah yang ada dalam proyek e-KTP.

“Mengikuti laporan Komisi II DPR? Tahu tentang e-KTP?” tanya ketua majelis hakim Jhon Halasan Butar Butar. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

SPBU Bakal Menolak Pengisian BBM Untuk Motor Dengan Knalpot Tak Standar

SPBU Bakal Menolak Pengisian BBM Untuk Motor Dengan Knalpot Tak Standar

Jakarta – Kebijakan baru berupa tidak akan melayani pengisian bahan bakar buat motor-motor berknalpot racing ...