Home > Gaya Hidup > Tips > Panduan Melakukan Plank yang Benar

Panduan Melakukan Plank yang Benar

Jakarta – Plank merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat bebas dilakukan dimana saja tanpa memerlukan alat. Meski demkian, tidak sedikit pose plank yang salah dilakukan.

Panduan Melakukan Plank yang Benar

Plank

Plank pada dasarnya merupakan latihan isometrik (memegang posisi tertentu dengan gerakan minimal untuk jumlah waktu tertentu) yang bertujuan untuk membangun ketahanan di perut. Tak hanya membangun stabilitas, olahraga ini juga bisa meningkatkan kekuatan inti, toleransi dan daya tahan, fokus, serta daya tahan.

Lantas, bagamanakah cara plank yang baik dan benar?

“Mulailah dengan posisi push-up. Bebankan berat badan pada bagian lengan bahwa, bukan telapak tangan,” ucap pelatih kesehatan selebriti di India, Mickey Mehta, seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (22/6/2017).

Pada posisi demikian, tubuh harus membentuk garis lurus dari kepala hingga pergelangan kaki. Kencangkan perut Anda dan tahan untuk beberapa saat (tergantung waktu yang diinginkan). Pastikan posisi Anda sejajar selama perut mengencang.

Ikutilah sebuah irama untuk proses pernapasan dimana disarankan untuk mengikuti pola yang semakin berat dan progresif.

Baca juga: Tips Menghindari Sakit Punggung Saat Mudik

“Secara bertahap cobalah untuk meningkatkan volume, intensitas, dan frekuensi agar hasil maksimal,” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Benarkah Sunat Dapat Membuat Anak Cepat Tinggi ?

Benarkah Sunat Dapat Membuat Anak Cepat Tinggi ?

Jakarta – Di tengah masyarakat Indonesia, berkembang sebuah kepercayaan bahwa dengan sunat, maka seorang anak ...