Home > Ragam Berita > Nasional > Jamaah An Nadzir Rayakan Idul Fitri Lebih Cepat Satu Hari

Jamaah An Nadzir Rayakan Idul Fitri Lebih Cepat Satu Hari

Makassar – Jamaah An Nadzir yang di Kampung Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, akan merayakan Hari Raya Idul Fitri lebih cepat dari yang ditetapkan oleh pemerintah. Mereka akan merayakan Lebaran pada hari Sabtu (24/6/2017).

Jamaah An Nadzir Rayakan Idul Fitri Lebih Cepat Satu Hari

Sebelumnya, jamaah An Nadzir akan lebih dulu melakukan buka puasa bersama hari terakhir pada Jumat (23/6/2017) siang yang menandakan mulai memasuki 1 Syawal 1438 Hijriah.

“Besok sudah masuk bulan baru, sekitar pukul 9.00 WITA atau 10.00 WITA. Tapi efektifnya baru pada hari Sabtu, sehingga salat Id dilakukan keesokan harinya,” kata ulama jemaah An-Nadzir, Lukman A Bakti, melalui telepon, Kamis (22 Juni 2017).

Perayaan hari Raya Idul Fitri yang lebih cepat memang bukan kali ini saja dilakukan oleh jamaah An Nadzir. Hampir di setiap tahun mereka melakukannya karena memiliki perhitungan waktu yang berbeda. Pada awal Ramadhan tahun ini, mereka memulainya dua hari lebih cepat dibandingkan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Menurut penjelasan Luqman menjelaskan, An-Nadzir menentukan awal bulan Hijriah berdasarkan hasil pengamatan alam. Khususnya, pemantauan bulan yang dilakukan secara rutin setiap hari, sejak pertengahan bulan sebelumnya.

Pada pengamatan terakhir, hari Kamis (22/6/2017), bulan dikatakan muncul pada pukul 04.08 WITA. Setiap hari kemunculannya lebih lambat sekitar 54 menit. Jadi pada hari Jumat (23/6/2017), kemunculan bulan sudah didahului oleh terbitnya fajar. Hal tersebut menandakan bulan baru.

“Tahun ini kami kembali melaksanakan salat Id lebih dulu dibandingkan pemerintah. Saya kira tidak masalah jika terjadi perbedaan, karena masing-masing punya keyakinan sendiri,” ujar Luqman.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Taksi Online Bikin Taksi Konvensional di Jakarta Berguguran

Taksi Online Bikin Taksi Konvensional di Jakarta Berguguran

Jakarta – Menjamurnya taksi online di DKI Jakarta dengan kemudahan dan tarif yang lebih murah ...