Home > Otomotif > Motor > Awas, Kecurangan Yang Biasa Dilakukan Pedagang Motor Bekas

Awas, Kecurangan Yang Biasa Dilakukan Pedagang Motor Bekas

Bekasi – Sudah menjadi rahasia umum apabila risiko dalam membeli motor second tentunya kondisi motor tidak akan seprima motor baru. Terlebih kini banyak pedangang motor second yang melakukan kecurangan dengan cara mengganti onderdil motor dengan kualitas abal-abal atau bahkan dikanibal.

Awas, Kecurangan Yang Biasa Dilakukan Pedagang Motor Bekas

Motor Bekas

Demi mengenali komponen-komponen kanibal atau palsu apa saja yang sering dipasang oleh pedagang motor bekas, pada motor dagangannya. Asep, salah seorang pedagang motor di kawasan Jatiasih, Bekasi, ada beberapa kompone yang biasanya sering di oplos.

“Kaliper rem dan pelek, biasanya dilakukan satu paket, memang cukup susah membedakannya. Yang harus dilakukan tanya detailnya kepada penjual. Atau mengajak teman yang lebih mengerti dalam hal ini,” ungkapnya, di Bekasi seperti dilansir dari sindonews.com, Rabu (28/6/2017).

Tak hanya itu, dirinya menambahkan, komponen bodi seperti bodi samping, belakang juga sering menjadi sasaran. Secara kasat mata memang tidak terlihat. Namun bila sudah lama akan terlihat kualitas cat atau bahan yang mudah pecah.

Sementara bagian karburator merupakan bagian yang paling berisiko diganti.

“bagian ini paling rawan diganti. Sebaiknya, lakukan tes dulu sebelum membeli,” ujarnya.

Baca juga: Merek-Merek Motor Bekas Ini Sulit Untuk Dijual

Selanjutnya penggantian yang sering dilakukan adalah lampu versi KW sudah sangat banyak beredar di pasaran. Kemudian suspensi, perhatikan model asli dan warna garpu depan. Bisa jadi, komponen ini diganti dengan barang lama, yang sudah berkali-kali diservis. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Penampakan Baru Honda BeAT Street eSP

Inilah Penampakan Baru Honda BeAT Street eSP

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) dalam beberapa bulan terakhir ini gencar mendandani kembali ...