Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Strategi Stasiun Senen Hadapi Arus Balik

Inilah Strategi Stasiun Senen Hadapi Arus Balik

Jakarta – Stasiun Pasar Senen Jakarta menerapkan alur khusus demi menanggulangi kepadatan akibat pertemuan penumpang yang akan berangkat dan penumpang yang turun. Langkah yang dilakukan adalah dengan memberlakukan jalur 4 Stasiun Pasar Senen sebagai jalur khusus untuk penumpang turun.

Inilah Strategi Stasiun Senen Hadapi Arus Balik

Stasiun Pasar Senen

“Jadi bisa langsung keluar stasiun ke underpass. Di sana, ada pilihan lanjut naik KRL ke Duri, Tanah Abang, atau Bogor. Juga ada pilihan keluar ke angkutan moda darat, misalnya Transjakarta atau Terminal Pasar Senen. Sehingga tidak ada kepadatan,” ungkap juru bicara PT KAI Daerah Operasi I, Suprapto, di Stasiun Pasar Senen, Jumat (30/6/2017).

Penyebabnya, hingga H+4 Lebaran, baik penumpang yang bakal pergi meninggalkan Jakarta maupun yang kembali ke Jakarta, jumlahnya hampir sama besar.

“Untuk penumpang turun, jumlahnya 24.655 penumpang. Nanti malam diprediksi 25 ribu penumpang. Untuk besok akan lebih dari 25 ribu. Sedangkan yang pergi 23.112 penumpang pada pukul 07.00 tadi,” ucapnya.

Demi menunjang ketertiban ketika pemberangkatan, lanjut Suprapto, diberlakukan zonasi. Zona 3 merupakan tempat terpadat, yaitu kawasan selasar hingga luar stasiun. Kawasan tersebut adalah zona umum.

Hasil pantauan Harian Indo, zona itu selalu dipadati penumpang. Beberapa penumpang tampak terlelap tidur dengan alas tikar.

Baca juga: Menkes Sebut Angka Kematian Akibat Arus Mudik Menurun

“Karena itu, zona umum, ya, tidak apa-apa, agak sulit juga mengaturnya,” tukasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Nilai Fortuner Yang Ditumpangi Setnov Tidak Bagus, Ini Kata Pihak Toyota

Pengacara Nilai Fortuner Yang Ditumpangi Setnov Tidak Bagus, Ini Kata Pihak Toyota

Jakarta – Baru-baru ini, pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunandi, sempat mengatakan bahwa Fortuner yang ditumpangi ...