Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 7 Penyebab Sembelit yang Tidak Anda Duga

7 Penyebab Sembelit yang Tidak Anda Duga

Jakarta – Konstipasti atau sembelit biasanya berkaitan dengan kebiasaan makan yang tidak teratur, gaya hidup, serta segala sesuatu yang dianggap tidak sehat. Tetapi, ada kala penyebabnya bukan salah satu dari itu.

7 Penyebab Sembelit yang Tidak Anda Duga

Sembelit

Studi menemukan, kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan sembelit. Dr Jayshree Shah selaku konsultan Hepatologis, Gastroentrologist dan Terapeutik Endoscopist di Jaslok Hospital & Research Centre memberi pemaparan terkait hal itu seperti dilansir dari metrotvnews.com, Senin (3/7/2017):

1. Hipotiroid

Kelenjar tiroid yang kurang aktif menjadi salah satu penyebab sembelit. Hipotiroid memperlambat banyak kondisi fisiologis tubuh, begitu juga pada pencernaan sehingga mengakibatkan sembelit.

2. Kebanyakan asupan obat

Kondisi ini disebut polypharmacy, dimana seseorang mengonsumsi lebih dari empat obat. Obat menjadi penyebab kerasnya feses atau tinja sehingga mengakibatkan sembelit. Adapun obat yang bisa menyebabkan sembelit antara lain antidepresan, penghilang rasa sakit, vitamin tertentu seperti obat penambah darah, obat alergi dan masih banyak lagi.

3. Irritable bowel syndrome (IBS)

Adalah salah satu jenis gangguan pada sistem pencernaan. Penyakit kronis ini akan menyerang usus besar dan bisa jadi akan hilang timbul selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup. IBS juga menjadi pemicu memburuknya sembelit.

4. Kondisi neurologis

Kondisi neurologis tertentu seperti multiple sclerosis, parkinson, atau cedera tulang belakang dapat menyebabkan sembelit. Pasalnya, masalah neurologis akan mengganggu pergerakan otot usus sehingga Anda tidak akan merasa ingin buang air besar.

5. Masalah pada kolon dan rektum

Obstruksi di usus besar atau rektum seperti penyempitan usus, rektokel (tonjolan rektum melalui dinding belakang vagina), dan kanker perut dapat menekan usus besar sehingga menyebabkan sembelit.

6. Infeksi usus

Terkadang infeksi bakteri atau infeksi internal lainnya di usus dapat menyebabkan sembelit.

Baca juga: Ibu Hamil 2 Kali Lebih Rentan Pada Gigitan Nyamuk

7. Tumor jinak dan kanker

Tumor yang tumbuh jinak di usus, rektum, dan usus besar juga berkontribusi terhadap penyumbatan kotoran sehingga penderitanya akan mengalami masalah pencernaan, termasuk sembelit. Begitu juga yang terjadi pada penderita kanker. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ini Dia Faktor Penyebab Hipertensi

Ini Dia Faktor Penyebab Hipertensi

Jakarta – Gangguan kesehatan hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling ...