Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mengatasi Kuping Sakit Si Kecil

Mengatasi Kuping Sakit Si Kecil

Jakarta – Infeksi di telinga merupakan hal yang wajar terjadi pada bayi atau anak kecil dimana sering membuat anak menjadi rewel karena merasa tak nyaman. Hal itu disebabkan sekresi yang mengalir ke bagian belakang tenggorakan melalui area bernama tabung Eustachius.

Mengatasi Kuping Sakit Si Kecil

Bayi

Saat area tersebut terhalangi, cairan telinga pun akan menumpuk dan menyebabkan rasa sakit, iritasi, bahkan demam.

Usai memeriksakan si kecil ke dokter dan mendapatkan obat, rasa tak nyaman masih akan terasa. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar anak tidak rewel seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (7/7/2017):

1. Gunakan kompres hangat
Letakkan kompres hangat pada bagian telinga yang sakit dan tekan sekitar 5-6 menit. Ulangi hingga 30 menit bagian tersebut terkompres untuk menghilangkan rasa nyeri.

2. Pijat dengan minyak hangat
Pijatlah bagian luar telinga dan pastikan tak ada cairan minyak yang masuk ke saluran tersebut. Gunakan minyak zaitun atau minyak mustar untuk membuat anak merasa baikan.

3. Berikan lebih banyak
Minum membuat membuka hambatan pada tabung Eustachius karena memberi tekanan saat menelan. Meskipun menelan juga cukup sakit, terus berikan minuman pada si kecil agar tetap terhidrasi dan menghilangkan rasa sakit.

4. Posisi kepala tinggi
Usahakan posisi kepala bayi lebih tinggi saat tidur agar cairan telinga tetap terkuras. Namun tak disarankan untuk memberi bantal di bawah kepala bayi namun pada bagian bawah kasur.

Baca juga: Inilah Bahaya Menyimpan Ponsel di Saku Celana Anda

5. Gunakan parasetamol
Jika obat pemberian dokter masih belum mempan, berikan parasetamol sebagai pilihan terakhir. Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Hindari Aktivitas Berikut Ini bila Mengalami Susah Tidur

Hasil Penelitian, Kurang Tidur Ternyata Berbahaya Bagi Jantung

Jakarta – Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia karena pada saat tidur tubuh akan meregenerasi sel-sel ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135