Jakarta – Payudara adalah salah satu organ tubuh yang terpenting, terutama bagi para wanita. Namun ternyata masih banyak orang yang nggak terlalu mengerti tentang hal yang satu ini. Bahkan tidak sedikit pula yang menganggap pembahasan seperti ini tabu untuk dibicarakan.

Kenapa Payudara Wanita Besar Sebelah ? Temukan Jawabannya Disini

Payudara

Namun tahukah Anda jika banyak wanita yang memiliki payudara besar sebelah? Lalu apakah hal tersebut adalah sesuatu yang aneh dan memerlukan perhatian khusus? Dilansir dari Times of India, Konsultan Senior Dr Jayashree Sundar, memberikan penjelasannya seperti dilansir dari wowkeren.com, Sabtu (8/7/2017):

1. Hal Tersebut adalah Normal

Dr Sundar yang menjadi konsultan Senior, Obstetri dan Ginekologi, Max Multi Specialty Centre, Panchsheel Park, India, mengatakan bahwa hal itu adalah normal. Pasalnya, dalam berbagai kasus sebagian besar bagian tubuh kita memang tidak simetris. Nggak heran kalau ada perbedaan ukuran antara yang kiri dan kanan.

2. Perubahan Hormon

Selain karena ukuran tubuh yang tak simetris, perbedaan ukuran payudara juga dipengaruhi karena hormon. Perbedaan itu bahkan mungkin sudah mulai terlihat saat seorang anak perempuan masuk dalam tahap puberitas.

Hal itu terjadi karena perbedaan pertumbuhan hormon dari bagian kanan dan kiri. Beberapa wanita mungkin akan membiarkan hal itu terjadi secara alami. Namun tak sedikit pula yang memilih melakukan implan payudara untuk memperbaikinya.

3. Menyusui

Tak hanya pada remaja wanita, perbedaan ukuran juga bisa terjadi pada para ibu yang sedang menyusui. “Para ibu menyusui cenderung memiliki payudara tidak sama besar lantaran sang bayi hanya meminum susu di bagian kanan atau kiri saja,” kata Dr Sundar. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan jika para ibu dapat menyusui dari dua bagian agar tetap sama besar.

4. Benjolan di Payudara

Ukuran yang berbeda juga bisa disebabkan karena benjolan payudara. Meski sering dianggap kanker, namun benjolan ini juga bisa berkembang karena kondisi non-kanker. Benjolan ini bisa terjadi karena cedera traumatis di payudara.

Alasan lain dari adanya benjolan pada payudara adalah kondisi fibrokistik. Hal ini sering menyebabkan rasa tidak nyaman yang bersifat periodik. Biasanya dipengaruhi oleh faktor hormonal dari siklus menstruasi.

5. Kanker Payudara

Selain fibrokistik, bisa juga terjadi karena gejala kanker payudara. Jika merasakan nyeri di payudara dan sudah terlalu sering, segera periksakan ke dokter. Ada kemungkinan hal ini adalah tanda-tanda adanya tumor ataupun kanker payudara. Akan lebih mudah mengobatinya jika diketahui sejak dini.

6. Genetik

Alasan terakhir dan yang paling banyak terjadi adalah karena faktor genetik. Di beberapa kasus, perkembangan payudara yang berbeda ukuran ini memang dikarenakan faktor gen yang sudah dimiliki sejak lahir. Pasalnya, gen dalam tubuh memang menjadi penentu kekuatan ligamen dan elastisitas kulit seseorang.

Baca juga: Tiga Vitamin yang Penting Bagi Kesehatan Payudara

Itulah penjelasan ilmiah mengapa payudara wanita terkadang memiliki ukuran yang tak sama. Jadi kalian tak perlu minder atau khawatir berlebihan, karena hal itu bisa terjadi secara normal. Namun pada beberapa kasus, perlu diberi perhatian khusus karena dapat mengarah pada kasus kanker payudara. (Yayan – harianindo.com)