Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Faktor Penyebab Terlambat Menstruasi Selain Hamil

Faktor Penyebab Terlambat Menstruasi Selain Hamil

Jakarta – Terlambat menstruasi merupakan salah satu pertanda umum kehamilan. Tetapi, terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan tamu bulanan Anda tidak kunjung datang selain karena hamil.

Faktor Penyebab Terlambat Menstruasi Selain Hamil

Terlambat Menstruasi

Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Selasa (11/7/2017):

1. Stres

Hipotalamus, sebuah area di otak yang berfungsi mengatur hormon berkaitan dengan menstruasi, akan ikut terpengaruh bila Anda mengalami stres. Jadi, ketika Anda mengalami masa-masa seperti kematian orang terkasih atau kejadian yang membuat stres, terlamabat menstruasi adalah hal wajar.

2. Penyakit tiroid

Ketidakseimbangan tiroid (hipotiorid atau hipertiroid) dapat menunda menstruasi. Oleh karena itu, coba periksakan ke dokter bila Anda mengalami gejala penyakit tersebut.

3. Penyakit kronik

Beberapa penyakit kronik seperti Celiac (akibat intoleransi laktosa) yang terkadang tak terdiagnosa dapat memberi efek pada fungsi tubuh secara umum, dimana terlambat menstuasi adalah salah satunya.

4. Pil pengontrol hamil

Salah satu efek samping dari konsumsi pil kontrasepsi adalah terlambat menstruasi. Selain itu, alat kontrasepsi hormonal, implan, dan suntikan juga bisa menyebabkan efek yang sama.

5. Menopause prematur

Meski terbilang jarang, wanita di bawah 40 tahun bisa mengalami menopause dini atau kegagalan ovarium prematur. Beberapa gejalanya adalah berkeringat malam, hot flashes, dan vagina kering.

Baca juga: Inilah Waktu Terbaik Menyantap Buah

6. PCOS

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah ketidakseimbangan hormonal yang dapat menyebabkan menstruasi tak teratur. Beberapa cirinya adalah pertumbuhan rambut pada wajah dan dada, masalah ketidaksuburan, dan kesulitan menurunkan berat badan. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Konsumsi 10 Buah Ini Demi Kulit Sehat Bercahaya

Konsumsi 10 Buah Ini Demi Kulit Sehat Bercahaya

Jakarta – Rahasia dari kecantikan kulit sehat bercahaya bukan hanya terletak pada kosmetik yang rutin ...