Home > Teknologi > Games > Riot Games Gugat Mobile Legends

Riot Games Gugat Mobile Legends

Jakarta – Developer Riot Games, resmi mengajukan surat gugatan hukumnya kepada Shanghai Moontoon Technology terkait dugaan pelanggaran properti intelektual dan hak cipta di game Mobile Legends.

Riot Games Gugat Mobile Legends

League of Legends dan Mobile Legends

Pada surat gugatan tersebut, Riot bahkan menyertakan berbagai konten yang melanggar hak ciptanya. Tidak tanggung-tanggung, setidaknya terdapat 7 pelanggaran hak cipta yang dipaparkan oleh Riot.

Berikut ini tujuh pelanggaran hak cipta di Mobile Legends menurut Riot Games seperti dilansir dari metrotvnews.com, Rabu (12/7/2017):

1. Menjiplak desain map

Dalam dokumen gugatannya, Riot menuliskan bahwa Mobile Legends melanggar desain map Summoner Rift yang digunakan di League of Legends. Kemiripan dikatakan terdapat di hampir semua detail pada map serta posisi dari berbagai properti unik yang ada di map tersebut.

2. Menjiplak desain minion

Riot mengklaim bahwa Moontoon telah menjiplak desain minion yang digunakan di game Mobile Legends. Minion yang dijiplak desainnya adalah tipe melee, caster, dan siege.

3. Menjiplak desain Nexus

Desain Nexus yang menjadi markas utama di League of Legends juga dikatakan dijiplak ke dalam Mobile Legends. Nexus berupa kristal merah dan biru besar yang melayang dapat ditemukan di masing-masing markas pemain.

4. Menjiplak desain monster unik

Beberapa monster unik yang ada di League of Legends juga dikatakan telah dijiplak ke dalam Mobile Legends. Salah satu yang diberitahu oleh Riot dalam dokumen gugatannya adalah Red Buff yang diklaim dijiplak sama persis.

Riot Games Gugat Mobile Legends

5. Logo game mirip

Pihak Riot menganggap logo Mobile Legends yang digunakan saat ini sangat mirip dengan League of Legends. Kemiripan dapat dilihat dari penggunaan kata “Legends” dengan huruf “L” dan “S” yang lebih besar.

6. Banner mirip

Selain logo, Riot mengklaim Mobile Legends juga menggunakan desain banner yang sangat mirip. Salah satunya adalah banner “Victory” yang dikatakan memiliki desain font serupa.

Baca juga: Kholat, Game Horor PC dan PS4 yang Terinspirasi dari Kejadian Nyata

7. Desain karakter sangat mirip

Pelanggaran properti intelektual juga diklaim Riot terjadi hingga desain karakter. Salah satu desain karakter League of Legends yang dianggap dijiplak Moontoon di Mobile Legends adalah Garet. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Nintendo Dikabarkan Bakal Hilangkan Miiverse pada November 2017

Nintendo Dikabarkan Bakal Hilangkan Miiverse pada November 2017

Tokyo – Nintendo telah mengumumkan bahwa Miiverse – jejaring sosial miliknya yang unik yang diluncurkan ...