Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Cegah Demensia dengan 3 Langkah Ini

Cegah Demensia dengan 3 Langkah Ini

Jakarta – Demensia menyebabkan masalah pada ingatan berproses di otak selama tiga dekade sebelum tanda-tanda pertama masalah kognitif dimulai. Waktu yang cukup lama tersebut dapat digunakan untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini, bahkan apabila Anda memiliki kecenderungan genetika.

Cegah Demensia dengan 3 Langkah Ini

Ilustrasi

Demensia dapat dicegah dengan tindakan seperti mengubah gaya hidup yang diklaim dapat menurunkan risiko hingga 30 persen. Berikut tiga cara untuk mencegah serangan demensia seperti dilansir dari metrotvnews.com, Rabu (12/7/2017):

1. Latihan kognitif

Anda dapat melakukan olahraga untuk otak Anda secara teratur. Olahraga aerobik dikaitkan dengan peningkatan volume materi abu-abu di korteks otak, di mana jaringan memori disimpan. Aktivitas fisik juga dapat membantu melindungi hippocampus, bagian lain dari otak yang penting untuk diingat. Latihan kekuatan intensitas tinggi dua atau tiga hari per minggu selama enak bulan dapat memperbaiki fungsi otak orang yang mengalami gangguan kognitif ringan.

Yoga juga dapat membantu otak dengan beberapa cara. Hormon stres seperti kortisol dikaitkan dengan penurunan volume hippocampus, gangguan ingatan dan peradangan akibat stres yang dikatkan dengan kerusakan neuronal. Yoga dapat mengurangi stres dan meningkatkan memori verbal.

2. Pilih makanan sehat

Penelitian telah menjelaskan bahwa kranium Anda sangat membutuhkan tanaman. Inilah salah satu prinsip di balik diet MIND atau mediteranian dan diet untuk hipertensi. Gabungan dua metode diet ini dikaitkan dengan melestarikan volume otak dan memperbaiki aliran darah ke otak.

Makanan bernutrisi sangat penting untuk otak Anda. Perbanyak makan sayuran, buah berries, dan kacang-kacangan, batasi produk hewani, lemak jenuh dan gula. Kacang-kacangan, sayuran hijau dan biji-bijian kaya akan vitamin E yang diperkirakan melindungi otak dari penumpukan plak beracu di otak, serta melindungi neuron dari radikal bebas yang merusak.

Penting juga untuk mendapatkan vitamin B12 yang terdapat pada ikan dan unggas. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan hilangnya ingatan. Membatasi gula dapat mencegah Anda dari risiko demensia akibat obesitas.

Baca juga: Apa Efek Menambahkan Es Batu Pada Jus Anda ?

3. Latih otak dengan bijak

Fokus pada kegiatan yang menggunakan serangkaian proses mental yang kompleks dapat memperkuat kemampuan kognitif Anda. Selain itu, terus belajar melakukan hal baru dapat membantu memperkuat koneksi saraf yang memperlambat penuaan otak. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...