Home > Ragam Berita > Internasional > Beredar Video Diduga Tentara Irak Lempar Warga Yang Dianggap Terkait ISIS ke Jurang

Beredar Video Diduga Tentara Irak Lempar Warga Yang Dianggap Terkait ISIS ke Jurang

Baghdad – Setelah Kota Mosul di Irak yang dari 2014 dikuasai ISIS dan dijadikan sebagai Ibu Kota Negara Islam Irak dan Suriah, kembali direbut oleh tentara Irak, kini muncul video yang menggambarkan sejumlah orang yang diduga aparat keamanan Irak melempar orang-orang yang dianggap berhubungan dengan ISIS ke bawah jurang.

Beredar Video Diduga Tentara Irak Lempar Warga Yang Dianggap Terkait ISIS ke Jurang

Sejumlah video memperlihatkan beberapa pria berseragam menyeret dan melempar begitu saja orang-orang yang dianggap menjadi bagian ISIS, kemudian menembak mayat mereka.

Editor BBC untuk kawasan Timur Tengah, Sebastian Usher, melaporkan bahwa aksi tersebut kemungkinan merupakan aksi pembalasan dari aksi serupa yang pernah dilakukan oleh kelompok ISIS terhadap warga dan tentara Irak.

Terkait hal ini, Kementerian Dalam Negeri Irak menegaskan bahwa pihaknya tidak membenarkan aksi tersebut dan akan menyelidikinya. Siapapun yang bertanggungjawab akan diajukan ke depan pengadilan.

Menurut Organisasi Human Rights Watch (HRW), mereka menerima banyak laporan terkait pembunuhan dan penyiksaan di luar proses hukum. Hal ini menurut HRW disebabkan karena adanya impunitas di kalangan tentara Irak di Mosul.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo Sebut Presidential Threshold 20 Persen Hanya Lelucon Politik

Prabowo Sebut Presidential Threshold 20 Persen Hanya Lelucon Politik

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan ketidaksetujuannya dengan Undang-Undang Pemilu yang baru ...