Home > Ragam Berita > Nasional > Gerindra Kukuh Presidential Threshold 0%

Gerindra Kukuh Presidential Threshold 0%

Jakarta – Partai Gerindra untuk kesekian kalinya menegaskan dukungan ditiadakannya ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) dalam pemilu serentak 2019.

Gerindra Kukuh Presidential Threshold 0%

Gerindra

Ahmad Muzani selaku Ketua Fraksi Gerindra menyatakan, penerapan ambang batas pencalonan presiden di Pemilu 2019 bertentangan dengan UUD 1945 dan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK), terkait penyelenggaraan pemilu serentak.

“Gerindra dari awal ingin 0%. Alasannya, sesuai dengan UUD 45 dan putusan MK,” ucap Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (13/7/2017).

Muzani juga menyebutkan, ada upaya pemerintah beserta koalisinya untuk mematok ambang batas pencalonan presiden sebesar 20% tidak berdasar. Terlebih jika angka ambang batas pengajuan presiden mengacu pada hasil pemilu 2014.

Baca juga: Ketua DPP PAN : “Hanya Jokowi yang Bisa Mengeluarkan PAN dari Koalisi”

“Kalau disertakan threshold, hasil pemilu mana yang kita gunakan? Hasil pemilu 2014 yang akan kita gunakan di 2019 itu sudah kita gunakan pada saat Gerindra mencalonkan Prabowo-Hatta. PDIP mencalonkan Jokowi-Jusuf Kalla. Masa mau kita gunakan di pemilu berbeda tapi tiketnya sama,” pungkas Muzani. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Profesor Coppel : "Kata Pribumi Yang Digunakan Anies Aneh Dalam Tiga Hal"

Profesor Coppel : “Kata Pribumi Yang Digunakan Anies Aneh Dalam Tiga Hal”

Jakarta – Pilihan kata “Pribumi” yang digunakan Anies Baswedan dalam pidatonya yang menimbulkan polemik itu, ...