Home > Ragam Berita > Ekonomi > Wow, Indonesia Menduduki Peringkat Teratas Soal Kepercayaan Terhadap Pemerintah

Wow, Indonesia Menduduki Peringkat Teratas Soal Kepercayaan Terhadap Pemerintah

Jakarta – Menurut data dari Gallup yang kemudian dipublikasikan oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) pada Senin (17/7/2017), Indonesia bersama dengan Swiss menduduki peringkat teratas terkait kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Wow, Indonesia Menduduki Peringkat Teratas Soal Kepercayaan Terhadap Pemerintah

Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, kepada Biro Pers, Senin, (17/7/2017) malam.

“Memang benar bahwa Indonesia menduduki ranking pertama dalam hal Trust and Confidence in National Government berdasarkan Gallup data,” ujar Sri Mulyani, seperti dikutip dari keterangan tertulis Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Selasa (18/7/2017) malam.

Data tersebut telah dipublikasikan oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) dengan judul “Government at a Glance 2017”.

Data tersebut mencakup berbagai indikator pencapaian program kerja pemerintah, dari negara-negara yang tergabung di dalam (OECD) yang ditunjukkan oleh indikator tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Data ini diambil dari hasil survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei internasional yang berbasis di Amerika Serikat, Gallup World Poll (GWP).

“Tingkat kepercayaan terhadap pemerintah dipengaruhi oleh apakah masyarakat menganggap pemerintah dapat diandalkan, cepat tanggap dan adil serta mampu melindungi masyarakat dari risiko-risiko dan memberikan pelayanan publik secara efektif,” jelas Sri Mulyani.

Dari data tersebut, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia pada tahun 2016 mencapai 80 persen, atau meningkat sebesar 28 persen dibanding tahun 2007.

“Kepercayaan terhadap pemerintah adalah pendorong efektivitas pemerintah dan pembangunan ekonomi, serta merupakan ukuran dari hasil kebijakan pemerintah,” tutur Sri Mulyani.

“Kepercayaan terhadap pemerintah berhubungan kuat dengan dukungan masyarakat terhadap kepemimpinan negara mereka. Saat pemerintah dipandang memiliki integritas moral yang tinggi lebih banyak masyarakat percaya pemerintah,” terang Sri Mulyani.

Hasil yang dicapai oleh pemerintah Indonesia ini mengalahkan beberapa negara lainnya, seperti India (73 persen), Jerman (55 persen), Afrika Selatan (48 persen), Inggris (31 persen), Amerika Serikat (30 persen), Prancis (28 persen), atau Brazil (26 persen).
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bom Meledak di Latihan Tempur Paskhas TNI AU, Satu Orang Warga Tewas

Bom Meledak di Latihan Tempur Paskhas TNI AU, Satu Orang Warga Tewas

Pekanbaru – Seorang warga tewas akibat terkena bom saat Paskhas TNI Angkatan Udara melakukan latihan ...