Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 3 Cangkir Kopi Sehari Perkuat Imun Tubuh

3 Cangkir Kopi Sehari Perkuat Imun Tubuh

Jakarta – Penelitian menghasilkan fakta jika minum kopi terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan. Tetapi, penelitian lainnya justru berpendapat lain, yang mana minum beberapa cangkir kopi dapat membawa manfaat kesehatan yang tidak terduga.

3 Cangkir Kopi Sehari Perkuat Imun Tubuh

Kopi

Bahkan, seperti dilansir dari metrotvnews.com, Selasa (18/7/2017), ini juga berlaku untuk kopi tanpa kafein.

Peneliti di Amerika Serikat (AS) dan Eropa menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi sekitar tiga cangkir kopi sehari, baik itu latte, espresso atau kopi tanpa kafein, dapat hidup lebih lama daripada mereka yang tak pernah minum kopi.

Dua penelitian baru menunjukkan jika tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab, terutama dari penyakit jantung dan paru-paru serta kondisi saluran pencernaan.

Berdasarkan hasil studi, mereka yang minum kopi lebih banyak cenderung lebih muda daripada mereka yang perokok, peminum, orang yang makan banyak daging dan mereka yang kurang makan buah dan sayuran.

Pria yang minum setidaknya tiga cangkir kopi sehari, 18 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena alasan apapun daripada mereka yang tidak minum kopi. Sementara wanita yang minum dengan jumlah sama hanya mendapatkan manfaat sebesar 8 persen.

Baca juga: Waspada Kelebihan Lemak di Perut Bisa Berdampak pada Kesehatan Hati

Selain itu, penelitian yang dilakukan terhadap 14 ribu orang juga menemukan bukti bahwa peminum kopi memiliki hati yang lebih sehat dan kontrol glukosa yang lebih daripada mereka yang tidak minum kopi. Selain fungsi hati yang baik, mereka yang rutin meminum kopi juga memiliki respons imun yang leih baik. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Antibiotik Bisa Bunuh Bakteri Baik di Mata

Antibiotik Bisa Bunuh Bakteri Baik di Mata

Jakarta – Tubuh manusia dipenuhi dengan mikroba. Namun, tidak semua mikroba berdampk negatif pada tubuh. ...